PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SEKRETARIAT AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN D3 UNIVERSITAS WIDYATAMA

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SEKRETARIAT AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN D3 UNIVERSITAS WIDYATAMA

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SEKRETARIAT AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN D3 UNIVERSITAS WIDYATAMA
Author: Purwaka, Dimas Maulana
Abstract: Dalam penelitian ini penulis mengambil judul Pengaruh Kualitas Pelayanan Sekretariat Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajemen D3 Universitas Widyatama . Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan Sekretariat Akademik dan untuk mengetahui besarnya hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan mahasiswa Universitas Widyatama. Untuk mengukur dan menganalisa hubungan antara kedua variabel di atas, penulis menyebarkan kuesioner pada 100 responden. Kemudian mengolah hasil datanya menggunakan metode deskriptif-verifikatif dengan korelasi rank spearmen, statistik uji t dan koefisien determinasi serta diagram kartesius. Dari hasil penelitian bahwa tanggapan mahasiswa atas kualitas pelayanan yang diberikan Sekretariat Akademik adalah baik, yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata secara keseluruhan atas pernyataan responden terhadap kualitas pelayanan adalah 4,05 dan nilai rata-rata secara keseluruhan atas pernyataan responden terhadap kepuasan yang dirasakan mahasiswa adalah 3,96. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa pada Sekretariat Akademik Universitas Widyatama adalah kuat yaitu sebesar 0,693. Sedangkan nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 48%, artinya kualitas pelayanan Sekretariat Akademik mempengaruhi kepuasan mahasiswa sebesar 48% sisanya 52% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak terukur. Dari hasil pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 9,51 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,658 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada hubungan signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan mahasiswa. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan yaitu Pengaruh Kualitas Pelayanan Sekretariat Akademik mempunyai hubungan positif dengan Kepuasan Mahasiswa dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2535
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 12.35Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.66Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 103.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 251.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 52.43Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.01Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record