PENGARUH PUBLIC RELATION TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA CABANG JAMIKA

Widyatama Repository

PENGARUH PUBLIC RELATION TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA CABANG JAMIKA

Show full item record

Title: PENGARUH PUBLIC RELATION TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA CABANG JAMIKA
Author: Putri, Diana Ika
Abstract: Public Relations berperan dalam upaya memantau trends, kejadian, isu yang dapat timbul dan mengganggu hubungan antara perusahaan dengan masyarakat. Demikian pula dengan Public Relations di Bank yang berperan memperbaiki hubungan dan posisi dimata masyarakat secara umum dan kelompok kepentingan secara khusus. Upaya mencari dan mempertahankan nasabah harus selalu dilakukan Bank agar mampu bersaing dengan para kompetitornya. Penelitian berjudul Pengaruh Public Relation Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Jamika, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan nasabah terhadap public relation, bagaimana tingkat loyalitas nasabah dan Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh public relation terhadap loyalitas nasabah pada BRI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan nasabah mengenai public relation dapat dikatakan baik, memiliki nilai sebesar 3,95 artinya kegiatan public relation yang dilakukan BRI Cabang Jamika dilakukan dengan baik, karena berada pada interval 3,40 4,19 dengan rata-rata terendah sebesar 3,52 yaitu pada pernyataan Kegiatan Public relation di BRI berjalan dengan efektif dan efisien sedangkan rata-rata tertinggi sebesar 4,42 yaitu Kegiatan Public Relation BRI dilakukan berbagai media,baik internal maupun eksternal . Sedangkan tingkat loyalitas nasabah pada BRI Cabang Jamika dapat dikatakan tinggi, memiliki nilai rata-rata mengenai loyalitas nasabah adalah sebesar 3,78 artinya loyalitas nasabah di BRI Cabang Jamika dapat dikatakan tinggi, karena nilai berada pada interval 3,40-4,19, dengan rata-rata terendah sebesar 3,30 yaitu pada pernyataan akan selalu menggunakan jasa BRI di masa yang akan datang sedangkan rata-rata tertinggi sebesar 4,14 yaitu akan menigkatkan frekuensi penggunaan produk BRI . Pengaruh public relation terhadap loyalitas nasabah pada BRI Cabang Jamika berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi antara hubungan antara public relation dengan loyalitas nasabah memiliki nilai yang sedang yaitu sebesar 0,402 yang termasuk kategori 0,40 - 0,599. Besarnya pengaruh public relation terhadap loyalitas nasabah diperoleh koefisien determinasi sebesar 16,16% sisanya 83,84% dipengaruhi oleh faktor lain seperti : kegiatan promosi, bunga yang rendah, lokasi.. Berdasarkan hasil hipotesis didapat nilai thit = 2,90 lebih besar dari ttabel = 1,679, maka Ha diterima dan Ho di tolak. Ini berarti hipotesis yang dikemukakan penulis yaitu Public Relation berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah pada BRI dapat diterima
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2531
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.78Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 38.90Kb PDF View/Open
bab 1.pdf 106.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 314.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 43.10Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 29.82Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record