TINJAUAN MENGENAI PROGRAM PELATIHAN DALAM PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) BANDUNG

Widyatama Repository

TINJAUAN MENGENAI PROGRAM PELATIHAN DALAM PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) BANDUNG

Show full item record

Title: TINJAUAN MENGENAI PROGRAM PELATIHAN DALAM PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) BANDUNG
Author: Gumilar, Dade Yusuf
Abstract: ABSTRAK Manusia mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang dapat dikembangkan dalam rangka peningkatan dan pengembangan intelektual serta kepribadiannya untuk mencapai tujuannya. Pencapaian tujuan haruslah diikuti dengan peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap manusia seoptimal mungkin. Sumber daya manusia secara efektif harus berkualitas supaya dapat mencapai produktivitas karyawan yang tinggi. Untuk peningkatan produktivitas karyawan, maka diperlukan adanya peningkatan kualitas melalui fungsi pengembangan karyawan. Pengembangan karyawan dapat dilaksanakan dalam bentuk pelaksanaan pelatihan. Pelatihan bertujuan untuk memperbaiki kinerja karyawan dalam mencapai hasil kerja yang ditetapkan oleh suatu perusahaan. Program pendidikan dan pelatihan atau dengan istilah "training" merupakan salah satu program perusahaan yang strategis dalam rangka mempertahankan dan memberikan motivasi kepada karyawan. PT Pos Indonesia (Persero) Bandung merupakan perusahaan yang bergerak dibidang layanan surat pos, paket, logistik serta jasa keuangan, sehingga peranan sumber daya manusia dalam perusahaan tersebut sangat penting, khususnya dalam kemampuan dan penguasaan keterampilan dalam proses kerja. Oleh karena itu, perusahaan berupaya terus memperbaiki kinerja kerja karyawan melalui pelaksanaan program pelatihan. Tugas akhir ini berjudul “Tinjauan Mengenai Program Pelatihan Dalam Peningkatan Kinerja Karyawan Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung”. Tujuan dari penyusunan tugas akhir ini adalah ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan program pelatihan PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung. Tinjauan mengenai program pelatihan dalam peningkatan kinerja karyawan tersebut menggunakan metode deskriptif. Dalam proses pelaksanaan pelatihan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung memanfaatkan semua fasilitas yang dimiliki PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung berdasarkan tujuan dan pihak yang membutuhkan pelatihan dari mulai pemanggilan peserta, persiapan dan pelaksanaannya. Masalah yang ada mengenai program pelatihan dalam peningkatan kinerja karyawan yaitu adanya keterlambatan kedatangan peserta pelatihan, Perencanaan pelaksanaan pelatihan kurang baik, serta kurangnya penegasan dari pimpinan untuk mengikuti pelatihan sehingga karyawan tidak terdorong untuk mengikuti Pelatihan. Adapun solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu perusahaan memberikan pengarahan kepada peserta karyawan agar tidak terlambat dalam mengikuti program pelatihan, perusahaan harus membuat agenda mengenai program pelaksanaan pelatihan yang akan dilaksanakan setahun yang akan datang, dan penegasan dari atasan dan memberikan pengarahan sosialisasi mengenai manfaat pelatihan bagi karyawan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program pelatihan sudah berjalan dengan baik, dimana dapat dilihat dari proses pelaksanaan program pelatihan diantaranya, Bagian/Pihak terkait yang membutuhkan pelatihan, permintaan diproses dan diseleksi kelengkapan, lengkap, proses pemanggilan peserta pelatihan, persiapan akomodasi, persiapan konsumsi, pelaksanaan pelatihan, evaluasi, laporan hasil evaluasi. Saran yang diberikan yaitu adanya perbaikan dalam perencanaan program pelatihan dimana perencanaan program pelatihan harus dibuat lebih awal sebelum memasuki tahun pelatihan agar pelaksanaan program pelatihan tidak dilaksanakan secara mendadak, Pihak Assesment & Learning center harus bekerjasama dengan atasan dalam memotivasi karyawan dan memberikan sosialisasi tentang keuntungan yang bisa didapat dari pelatihan karyawan, dan harus membuat peraturan tentang keterlambatan peserta pelatihan dalam mengikuti program pelatihan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2529
Date: 2013-02


Files in this item

Files Size Format View Description
Dade Yusuf Gumilar 0409U073.pdf 287.4Kb PDF View/Open TINJAUAN MENGENAI PROGRAM PELATIHAN DALAM PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) BANDUNG

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record