PENGARUH IMPLEMENTASI ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP KINERJA PROGRAM PENINGKATAN DISIPLIN APARATUR INSTANSI PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH IMPLEMENTASI ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP KINERJA PROGRAM PENINGKATAN DISIPLIN APARATUR INSTANSI PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH IMPLEMENTASI ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP KINERJA PROGRAM PENINGKATAN DISIPLIN APARATUR INSTANSI PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bandung)
Author: Avionita, Venni
Abstract: ABSTRAK Pengaruh Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Kinerja Program Peningkatan Disiplin Aparatur Instansi Pemerintah Daerah Adanya reformasi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah merupakan langkah konkrit dalam merespon tuntutan reformasi yaitu dalam penerapan anggaran berbasis kinerja dan membawa konsekuensi bagi daerah dalam bentuk pertanggungjawaban atas pengalokasian dana yang digunakan dengan cara yang efektif dan efisien. Keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan dapat dibilang sangat tergantung oleh disiplin para anggotanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aggaran berbasis kinerja terhadap kinerja program peningkatan disiplin aparatur pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah di Kota Bandung yang sedang mengalami perkembangan yang pesat dalam pembangunannya. Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti yaitu dengan menyebarkan kuesioner dan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan juga sumber lain yang berhubungan dengan topik yang dibahas. Berdasarkan hasil pengujian statistik diperoleh nilai t hitung sebesar 8,875 dengan t tabel sebesar 1,71387 dan menunjukkan bahwa Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja berpengaruh positif terhadap Kinerja Program Peningkatan Disiplin Aparatur Instansi Pemerintah Daerah. Selain itu, diperoleh korelasi antara implementasi anggaran berbasis kinerja terhadap kinerja program peningkatan disiplin aparatur instansi pemerintah daerah adalah sebesar R = 0,880, yang termasuk dalam kategori hubungan sangat kuat. Dapat pula diketahui besarnya pengaruh implementasi anggaran berbasis kinerja terhadap kinerja program peningkatan disiplin aparatur instansi pemerintah daerah yaitu sebesar 77,4%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2528
Date: 2013-02


Files in this item

Files Size Format View Description
VENNI AVIONITA 0109U035.pdf 1.437Mb PDF View/Open PENGARUH IMPLEMENTASI ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP KINERJA PROGRAM PENINGKATAN DISIPLIN APARATUR INSTANSI PEMERINTAH DAERAH
JURNAL - VENNI AVIONITA.pdf 372.0Kb PDF View/Open jurnal

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record