PENGARUH LIKUIDITAS SAHAM DAN RETURN ON EQUITY (ROE) PERUSAHAAN TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM (Studi pada Perusahaan yang berada pada Index LQ45 di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009-2011 )

Widyatama Repository

PENGARUH LIKUIDITAS SAHAM DAN RETURN ON EQUITY (ROE) PERUSAHAAN TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM (Studi pada Perusahaan yang berada pada Index LQ45 di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009-2011 )

Show full item record

Title: PENGARUH LIKUIDITAS SAHAM DAN RETURN ON EQUITY (ROE) PERUSAHAAN TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM (Studi pada Perusahaan yang berada pada Index LQ45 di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009-2011 )
Author: FERDIAN, REZA
Abstract: ABSTRAK PENGARUH LIKUIDITAS SAHAM DAN RETURN ON EQUITY (ROE) PERUSAHAAN TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM (Studi pada Perusahaan yang berada pada Index LQ45 di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009-2011 ) Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh likuiditas saham yang diukur dengan menggunakan variabel Trading Volume Activity dan Return On Equity perusahaan terhadap tingkat pengembalain saham pada perusahaan LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode Febuari 2009 – Januari 2012. Target populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahan yang termasuk ke dalam indeks LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sementara itu sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dengan sampel penelitian berjumlah 29 perusahaan. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan kuantitatif. Perusahaan yang diteliti adalah perusahaan LQ 45 yang menegeluarkan laporan keuangan interim dari tahun 2009-2011. Untuk mengolah, menganalisis data, dan membuat kesimpulan penelitian, penulis menggunakan bantuan statistik regresi linier berganda dengan menggunakan program komputer SPSS versi 13.00. Sedangkan Uji hipotesis menggunakan uji R2, Uji F dan Uji t pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil pengujian koefisien determinasi diperoleh nilai R square sebesar 0,033 atau 3,3%. Berarti variabel likuiditas saham dan return on equity memberikan pengaruh sebesar 3,3% tehadap variabel Rate Of Return. Sedangkan sisanya sebesar 96,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini yang mempengruhi tingkat pengembalian saham. Secara simultan tidak memiliki pengaruh secara signifikan dari likuiditas saham (X1) dan return on equity (X2) terhadap Rate Of Return (Y) Secara parsial likuiditas saham (X1) dan Return On Equity tidak memberikan pengaruh secara signifikan terhadap Rate Of Return (Y) pada Perusahaan Index LQ45 di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011. Kata Kunci: likuiditas saham,Return On equity, tingkat pengembalian saham
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2526
Date: 2013-02


Files in this item

Files Size Format View Description
Reza Ferdian_0109A039.pdf 1.176Mb PDF View/Open PENGARUH LIKUIDITAS SAHAM DAN RETURN ON EQUITY (ROE) PERUSAHAAN TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record