PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA INDOGROSIR BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA INDOGROSIR BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA INDOGROSIR BANDUNG
Author: Budiman, Daniar Arief
Abstract: Skripsi ini disusun oleh Daniar Arief Budiman (02.04.473) dengan dosen pembimbing : Bapak Salim Munabi, S.E,. M.M., dengan judul Pengaruh Saluran Distribusi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada INDOGROSIR Bandung . Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Metode/studi deskriptif adalah dilakukan untuk mengetahui dan menjadi mampu untuk menjelaskan karakteristik variabel yang di teliti dalam suatu situasi. Tujuan dari studi deskriptif adalah memberikan kepada peneliti sebuah riwayat atau untuk menggambarkan aspek-aspek yang relevan degan fenomena perhatian dari perspektif organisasi, orientasi industri, atau lainnya. Tujuan dari penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui saluran distribusi pada INDOGROSIR Bandung, dan mengetahui besarnya pengaruh saluran distribusi dalam meningkatan volume penjualan. Dalam penyusunan skripsi ini penulis melakukan penelitian pada perusahaan yang bergerak di bidang retail yaitu INDOGROSIR Bandung untuk mengetahui pengaruh saluran distribusi dalam peningkatan volume penjualan. Maksud dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data atau gambaran seberapa besar pengaruh saluran distribusi pada INDOGROSIR Bandung. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode deskriptif pada pelaksanaan saluran distribusi pada INDOGROSIR Bandung, dapat disimpulkan pelaksanaannya sudah baik. hal ini terlihat dari keseriusan perusahaan dalam melakukan manajemen saluran, mulai dari seleksi, memotivasi, dan evaluasi anggota saluran. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh saluran distribusi terhadap peningkatan volume penjualan, digunakan analisis statistik pada data tentang jumlah perantara dengan volume penjualan INDOGROSIR Bandung pada tahun 2005-2009. Didapat persamaan regresi linier sederhana Y = 11,848 + 0,201X yang menunjukkan setiap penambahan 1 perantara akan menambah volume penjualan sebesar Rp. 0,201 miliar. Hasil koefisien korelasi sebesar 0,954. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat dan searah antara saluran distribusi dengan volume penjualan. Dari perhitungan koefisien determinasi didapat angka sebesar 91,07%. Yang menunjukkan besarnya pengaruh saluran distribusi terhadap volume penjualan, sedangkan sisanya sebesar 8,92% merupakan pengaruh faktor lain di luar saluran distribusi yang tidak diteliti. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan tabel distribusi t, dari hasil perhitungan ternyata diperoleh nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel (5,534>2,353) yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Ini berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara saluran distribusi dengan peningkatan volume penjualan, maka hipotesis yang diajukan penulis, yaitu: semakin banyak jumlah saluran distribusi yang di pakai, maka volume penjualan semakin meningkat , dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2520
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.785Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 37.72Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 91.97Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 159.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 48.43Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.48Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record