PENGARUH BAURAN PROMOSI YANG DILAKUKAN BIRO MARKETING UNIVERSITAS WIDYATAMA TERHADAP PENJUALAN FORMULIR PENDAFTARAN MAHASISWA BARU

Widyatama Repository

PENGARUH BAURAN PROMOSI YANG DILAKUKAN BIRO MARKETING UNIVERSITAS WIDYATAMA TERHADAP PENJUALAN FORMULIR PENDAFTARAN MAHASISWA BARU

Show full item record

Title: PENGARUH BAURAN PROMOSI YANG DILAKUKAN BIRO MARKETING UNIVERSITAS WIDYATAMA TERHADAP PENJUALAN FORMULIR PENDAFTARAN MAHASISWA BARU
Author: Novizar, Andri
Abstract: Semakin bertambahnya universitas-universitas swasta menyebabkan persaingan mereka semakin ketat, terutama dalam memperoleh calon-calon mahasiswa baru. Dengan melaksanakan kegiatan marketing yang baik dan tepat sasaran akan dapat membantu perguruan tinggi swasta menghadapi masa depan yang lebih baik. Sebagai salah satu dari sekian banyak universitas yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, Universitas Widyatama menyadari akan pentingnya hal tersebut. Dalam penelitian ini penulis mengambil judul Pengaruh Bauran Promosi yang Dilakukan Biro Marketing Universitas Widyatama Terhadap Penjualan Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan bauran promosi dan seberapa besar pengaruh bauran promosi terhadap penjualan formulir pendaftaran mahasiswa baru yang akan melanjutkan kuliah di Universitas Widyatama. Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan bauran promosi yang dilakukan Universitas Widyatama melalui program menjual Brand Name, Brand Identity, Brand Image. Promosi yang dilakukankan Universitas Widyatama sangat beragam yaitu: melalui media iklan yang baik media cetak (koran) maupun media elektronik (radio), promosi penjualan yang dilakukan dengan mengadakan pameran dan menawarkan beasiswa, acara khusus dan pemberitaan dengan mengadakan kerjasama dengan SMA-SMA dalam mengadakan suatu event atau acara, hubungan masyarakat dengan mempromosikan image dan prestasi Universitas Widyatama melalui media cetak, pemasaran langsung dengan melalui surat yang dikirimkan langsung kepada calon mahasiswa dan menggunakan internet sebagai pemasaran langsungnya, dan penjualan pribadi dengan melakukan visit atau kunjungan ke SMA-SMA yang potensial. Pengaruh bauran promosi terhadap penjualan formulir pendaftaran mahasiswa baru yang akan melanjutkan kuliah di Universitas Widyatama berdasarkan perhitungan uji regresi bahwa konstanta sebesar 86419.448 menyatakan bahwa jika kegiatan bauran promosi sama dengan 0, maka penjualan formulir pendaftaran mahasiswa baru akan naik senilai 86419.448. Nilai koefisien regresi dari kegiatan bauran promosi sebesar 3.982 yang artinya bahwa setiap kenaikan 1 kali kegiatan bauran promosi maka akan menaikkan nilai penjualan formulir pendaftaran mahasiswa baru sebesar 3,982. Hasil koefisien korelasi (r) = 0,986 menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara bauran promosi (X) dengan penjualan formulir pendaftaran mahasiswa baru (Y), dikatakan positif karena pada umumnya kenaikkan atau penurunan kegiatan bauran promosi mengakibatkan kenaikkan atau penurunan penjualan formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru pada Universitas Widyatama. Karena besarnya koefisien korelasi (r) = 0,986 yang menunjukkan hubungan yang sangat kuat karena terletak antara 0,80 - 1,000. Hasil uji distribusi t didapatkan hasil perhitungan thitung sebesar 8,223 dan ttabel 2.920. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan yaitu Bauran promosi mempunyai pengaruh positif terhadap penjualan formulir pendaftaran mahasiswa baru yang akan melanjutkan kuliah di Universitas Widyatama dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2508
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.62Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 38.52Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 105.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 217.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 39.96Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 32.95Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record