PENGARUH KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA ALFAMART CABANG RANCAEKEK BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA ALFAMART CABANG RANCAEKEK BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA ALFAMART CABANG RANCAEKEK BANDUNG
Author: Nugraha, Andi
Abstract: Retailer menawarkan produk yang beranekaragam karena adanya kecenderungan dalam diri konsumen yang menghendaki barang-barang yang beragam. Keragaman yang disediakan diharapkan dapat memberikan dorongan dan pilihan bagi konsumen untuk membeli produk yang saling melengkapi dalam berbelanja. Penyediaan keragaman produk (produk assortment) yang baik tidak hanya akan menarik minat tetapi dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk berbelanja. Penelitian ini berjudul Pengaruh Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Alfamart Cabang Rancaekek Bandung yang bertujuan untuk mengetahui kebijakan keragaman produk, tanggapan konsumen atas keragaman produk, proses keputusan pembelian konsumen dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keragaman produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Alfamart Cabang Komplek Rancaekek Kencana. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan kuesioner. Hasil penelitian yang didapatkan mengenai kebijakan keragaman produk yang dilaksanakan oleh Alfamart Alfamart Cabang Komplek Rancaekek Kencana meliputi jenis produk, kualitas, merek, model, ukuran, variasi dan jumlah produk. Tanggapan konsumen atas keragaman produk diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,77 yang berada pada interval 3,40 4,19. Hal ini menunjukkan unsurunsur keragaman produk dianggap baik. Proses keputusan pembelian yang dilakukan konsumen diperoleh nilai rata-rata keseluruhan variabel, yaitu sebesar 3,83 berada pada interval 3,40 4,19. Hal ini menunjukkan bahwa keputusan pembelian konsumen tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman, diperoleh nilai rs sebesar 0,706. Karena nilai rs berada diantara 0,600-0,799 maka hubungan antara keragaman produk dengan keputusan pembelian konsumen dapat dikatakan kuat. Dari hasil uji koefisien determinasi sebesar 49,84% yang menunjukkan pengaruh keragaman produk terhadap keputusan pembelian dan sisanya 50,16% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti oleh penulis misalnya promosi, harga. Sedangkan Dari perhitungan uji hipotesis, nilai t hitung = 6,97 lebih besar dari ttabel = 1,678 Ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka keragaman produk memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini berarti hipotesis yang penulis ajukan pada Bab I yaitu keragaman produk memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian Konsumen , dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2507
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.64Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 36.04Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 98.84Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 191.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 43.54Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 32.66Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record