HUBUNGAN PROGRAM KESEJAHTERAAN KARYAWAN DENGAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN BADAN KOORDINASI KELUARGA BERENCANA NASIONAL (BKKBN) PROVINSI JAWA BARAT (Studi kasus pada BKKBN di Jl.Surapati No.122 Bandung)

Widyatama Repository

HUBUNGAN PROGRAM KESEJAHTERAAN KARYAWAN DENGAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN BADAN KOORDINASI KELUARGA BERENCANA NASIONAL (BKKBN) PROVINSI JAWA BARAT (Studi kasus pada BKKBN di Jl.Surapati No.122 Bandung)

Show full item record

Title: HUBUNGAN PROGRAM KESEJAHTERAAN KARYAWAN DENGAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN BADAN KOORDINASI KELUARGA BERENCANA NASIONAL (BKKBN) PROVINSI JAWA BARAT (Studi kasus pada BKKBN di Jl.Surapati No.122 Bandung)
Author: Nugraha, Aditya
Abstract: Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu perusahaan, karena sumber daya manusia yang melakukan aktivitas perusahaan. Oleh karena itu faktor manusia harus dikelola dengan baik agar memberi pengaruh yang optimal bagi perusahaan, salah satunya dengan pelaksanaan program kesejahteraan. Dengan dilaksanakannya program kesejahteraan, maka perusahaan diharapkan dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program kesejahteraan pada BKKBN Provinsi Jawa Barat, mengetahui motivasi kerja karyawan pada BKKBN Provinsi Jawa Barat, mengetahui besarnya pengaruh pelaksanaan progam kesejahteraan terhadap motivasi kerja karyawan pada BKKBN Provinsi Jawa Barat. Program kesejahteraan karyawan yang diberikan di BKKBN Provinsi Jawa Barat meliputi uang pensiun, uang makan, uang lebaran (thr), pakaian dinas/seragam, pakaian kerja, sepatu kerja, uang pengobatan, mushola, pendidikan/seminar, cuti dan cuti hamil, pemberian izin, asuransi. Sedangkan tanggapan responden mengenai kesejahteraan karyawan secara keseluruhan pernyataan responden terhadap program kesejahteraan pada BKKBN dapat dikatakan baik, karena nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan sebesar 4,09 yang berada pada interval 3,40- 4,19 yang berarti baik. Motivasi kerja karyawan di BKKBN Prov.Jabar secara keseluruhan dapat dikatakan tinggi, karena nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan sebesar 4,01 yang berada pada interval 3,40-4,19 yang berarti tinggi. Hubungan program kesejahteraan karyawan dengan motivasi kerja karyawan di BKKBN Provinsi Jabar berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman, diperoleh nilai rs sebesar 0.656. Karena nilai rs berada diantara 0,60-0,279 maka dapat dikatakan kuat. pengaruh program kesejahteraan terhadap motivasi kerja pegawai sebesar 43,03%, dan sisanya sebesar 56,97% dipengaruhi oleh faktor lain, dimana faktor lain tersebut tidak diteliti oleh penulis dalam pembuatan skripsi ini. Hasil uji hipotesis bahwa t hitung (4,598) lebih besar daripada t tabel (1,701), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh antara program kesejahteraan dengan motivasi kerja pegawai dengan demikian hipotesis yang diajukan yaitu : Bila pelaksanaan program kesejahteraan dapat memenuhi kepuasan pegawai tertentu, maka motivasi pegawai akan meningkat , dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2492
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 38.88Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.71Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 75.71Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 40.18Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.47Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 296.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record