PENGARUH PUBLIC RELATION DALAM PENINGKATAN PENJUALAN KAMAR PADA HOTEL GRAND PASUNDAN BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH PUBLIC RELATION DALAM PENINGKATAN PENJUALAN KAMAR PADA HOTEL GRAND PASUNDAN BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH PUBLIC RELATION DALAM PENINGKATAN PENJUALAN KAMAR PADA HOTEL GRAND PASUNDAN BANDUNG
Author: Trayfino B., A.
Abstract: Hotel sebagai perusahaan jasa tertentu memerlukan promosi dalam membina serta menciptakan hubungan dengan pasar sasarannya. Salah satu alat promosi yang paling tepat untuk mengembangkan suatu hubungan yang dapat menciptakan dan menanamkan kepercayaan masyarakat adalah public relation. Secara garis besar, fungsi dari public relation adalah bertanggung jawab terhadap sejumlah program yang telah dirancang untuk dikembangkan dan dipelihara guna melindungi perusahaan dan juga menjaga citra produk serta hubungan erat dangan masyarakat. Dengan kata lain, seorang public relation akan menjadi penghubung antara perusahaan dengan masyarakat. Dalam penelitian ini penulis mengambil judul Pengaruh Public Relation dalam peningkatan Penjualan Kamar pada Hotel Grand Pasundan Bandung dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan promosi, khususnya public relation yang dilakukan oleh Hotel Grand Pasundan Bandung dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh public relation dalam meningkatkan penjualan kamar di Hotel Grand Pasundan Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan dan untuk menjaga pelanggan adalah dengan melaksanakan dua jenis kegiatan Public Relation yaitu Internal Public Relation dan Eksternal Public Relation. Sedangkan pengaruh public relation dalam meningkatkan penjualan kamar pada Hotel Grand Pasundan Bandung berdasarkan nilai koefisien regresi dari kegiatan publik relation sebesar 1267,118 yang artinya bahwa setiap kenaikan 1 kali kegiatan public relation maka akan menaikkan nilai penjualan kamar senilai 2,765 kali. Nilai koefisien korelasi (r) = 0,071 menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara biaya public relation dengan penjualan kamar, dikatakan positif karena pada umumnya kenaikkan atau penurunan kegiatan public relation mengakibatkan kenaikkan atau penurunan penjualan pada Hotel Grand Pasundan Bandung dan menunjukkan hubungan yang sangat rendah karena terletak antara 0,00 - 0,199. Pengaruh kegiatan public relation terhadap penjualan kamar di Hotel Grand Pasundan Bandung adalah 5% sedangkan sisanya sebesar 95% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil perhitungan t-test diperoleh t-hitung sebesar 0,123 ini berarti nilai t-hitung lebih kecil dari nilai t-tabel 2.353, dengan demikian hipotesis yang dikemukakan yaitu Jika kegiatan public relation lebih ditingkatkan maka hasil penjualan juga akan meningkat ditolak. Hal ini karena kegiatan public relation tidak sesuai dengan segmen hotel Grand Pasundan seperti program promo Ramadhan, Pemilihan Putra-Putri Wisata Jawa Barat atau Program tahun baru yang sasarannya tidak secara khusus mengundang tamu untuk menginap. Kedua. tugas utama dari public relation adalah meningkatkan dan menjaga citra perusahaan, dengan demikian public relation tidak berperan penuh dalam penjualan kamar hotel di Grand Pasundan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2488
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.69Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 37.43Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 69.88Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 42.77Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.48Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 105.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record