HUBUNGAN MODAL SENDIRI DAN MODAL PINJAMAN TERHADAP SISA HASIL USAHA (Studi kasus pada Koperasi Pegawai TELKOM (KOPEGTEL) DADALI di Bandung)

Widyatama Repository

HUBUNGAN MODAL SENDIRI DAN MODAL PINJAMAN TERHADAP SISA HASIL USAHA (Studi kasus pada Koperasi Pegawai TELKOM (KOPEGTEL) DADALI di Bandung)

Show full item record

Title: HUBUNGAN MODAL SENDIRI DAN MODAL PINJAMAN TERHADAP SISA HASIL USAHA (Studi kasus pada Koperasi Pegawai TELKOM (KOPEGTEL) DADALI di Bandung)
Author: Annex, Dolly Lesriyan, G
Abstract: Abstrak HUBUNGAN MODAL SENDIRI DAN MODAL PINJAMAN TERHADAP SISA HASIL USAHA (Studi pada Koperasi Pegawai PT.Telkom.,Tbk.(Kopegtel) Dadali di Bandung Tahun 2007-2010) Koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia, meskipun tidak berorientasi mencari keuntungan semata akan tetapi usaha-usaha yang dikelola harus tetap memperoleh penghasilan yang layak. Dalam (Kopegtel) Dadali di Bandung setiap usaha yang dijalankan bertujuan untuk memperoleh Sisa Hasil Usaha (SHU) yang wajar. Mengingat fungsi SHU yang sangat penting bagi kelangsungan hidup Koperasi. Salah satu upaya untuk meningkatkan SHU tersebut adalah dengan menggunakan modal yang dimiliki (Kopegtel) Dadali Bandung sendiri, baik Modal Sendiri maupun Modal Pinjaman secara efisien serta memiliki struktur finansial dan struktur modal yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Modal Sendiri dan Modal Pinjaman terhadap Sisa Hasil Usaha pada (Kopegtel) Dadali di Bandung Tahun 2007-2010. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik purposive sampling (sample bertujuan) dengan jumlah 4 Tahun. Dalam penelitian ini terdiri dari 2 (dua) variabel bebas yaitu Modal Sendiri (X1) dan Modal Pinjaman (X2) serta variabel terikat SHU (Y). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan metode korelasi pearson koefisien (r) dengan bantuan program SPSS (Statistical Product And Service Solution), korelasi pearson (product moment), dan koefisien determinasi. dan uji hipotesis menggunakan uji t untuk pengujian secara parsial dengan tingkat kepercayaan 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial hubungan antara Modal Sendiri memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap kinerja Sisa Hasil Usaha (Kopegtel) Dadali Bandung. Namun hal ini tidak diikuti oleh Modal Pinjaman memiliki hubungan yang lemah serta memiliki hubungan yang negatif atau yang tidak searah terhadap kinerja Sisa Hasil Usaha (Kopegtel) Dadali Bandung. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Modal Sendiri memiliki hubungan yang kuat terhadap Sisa Hasil Usaha, sedangkan Modal Pinjaman memiliki hubungan yang lemah terhadap Sisa Hasil Usaha. Kata Kunci : Modal Sendiri, Modal Pinjaman, dan Sisa Hasil Usaha.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2450
Date: 2012-06


Files in this item

Files Size Format View Description
Abstrak dll FIX.pdf 165.7Kb PDF View/Open abstrak
BAB I.pdf 122.5Kb PDF View/Open BAB I
Cover.pdf 95.03Kb PDF View/Open cover
Surat Pernyataan.pdf 25.80Kb PDF View/Open surat pernyataan

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record