ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PT. TELEKOMUNIKSI INDONESIA TBK. DAN PT. INDOSAT TBK DENGAN MENGGUNAKAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN FINANCIAL VALUE ADDED (FVA)

Widyatama Repository

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PT. TELEKOMUNIKSI INDONESIA TBK. DAN PT. INDOSAT TBK DENGAN MENGGUNAKAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN FINANCIAL VALUE ADDED (FVA)

Show full item record

Title: ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PT. TELEKOMUNIKSI INDONESIA TBK. DAN PT. INDOSAT TBK DENGAN MENGGUNAKAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN FINANCIAL VALUE ADDED (FVA)
Author: Taufan
Abstract: PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk dan PT. Indosat Tbk merupakan dua perusahaan besar yang bergerak didalam industri telekomunikasi. Semenjak kebutuhan akan telekomunikasi terus meningkat serta persaingan yang terjadi didalam industri ini semakin ketat, perusahaan harus selalu mampu mengembangkan strategi demi kelangsungan usaha dan demi meningkatkan kinerja perusahaan agar para investor lebih tertarik untuk menanamkan modalnya. Untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam mengelola modal yang disetor investor diperlukan suatu alat ukur kinerja yang menunjukkan prestasi manajemen sebenarnya dengan tujuan untuk mendorong aktivitas atau strategi yang menambah nilai ekonomis (Value Added Activities) dan menghapuskan aktivitas yang merusak nilai (Non-Value Added Activities). Pengukuran kinerja berdasarkan nilai tambah (Value Added Based) dapat dilakukan diantaranya melalui metode EVA (Economic Value Added) dan FVA (Financial Value Added). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membandingkan kinerja keuangan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk dengan PT. Indosat Tbk melalui EVA dan FVA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan komparatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan data tertulis dan studi kepustakaan. Data yang diambil berupa laporan keuangan triwulan-an perusahaan mulai dari periode triwulan I 2006 hingga triwulan IV 2009. Dari berbagai pemaparan dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa menurut metode EVA (Economic Value Added) kinerja keuangan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk lebih baik dari pada kinerja keuangan PT. Indosat Tbk., sedangkan menurut metode FVA (Financial Value Added) kinerja keuangan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk lebih baik daripada kinerja keuangan PT. Indosat Tbk. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan metode statistik parametrik untuk uji beda dua rata-rata, diperoleh nilai thitung untuk EVA dan FVA lebih besar dari nilai ttabel, maka Ho ditolak. Artinya Nilai EVA dan FVA pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. terdapat perbedaan dengan EVA dan FVA pada PT. Indosat Tbk.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2443
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 105.0Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 105.0Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 132.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 134.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 211.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 306.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 153.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 139.1Kb PDF View/Open
Lampiran.pdf 215.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record