PENGARUH KERAGAMAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI MATAHARI DEPARTMENT STORE CABANG KING’S SHOPPING CENTER BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH KERAGAMAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI MATAHARI DEPARTMENT STORE CABANG KING’S SHOPPING CENTER BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH KERAGAMAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI MATAHARI DEPARTMENT STORE CABANG KING’S SHOPPING CENTER BANDUNG
Author: Saputra, Willy
Abstract: Meningkatnya jumlah retailer di kota Bandung menjadikan persaingan bisnis retail menjadi lebih ketat dalam usaha menarik minat beli konsumen. Minat beli konsumen banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah keragaman produk. Dimana dalam penelitian ini perusahaan ritel nya adalah Matahari Department Store Cabang Kings Shopping Center Bandung, maka dalam hal ini peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi bauran produknya atau penetapan keragaman produk di tempat ini. Dengan strategi keragaman produk maka retailer memberikan pelayanan tambahan agar konsumen bisa mendapatkan berbagai macam produk dalam satu tempat. Melalui strategi keragaman produk ini diharapkan minat beli konsumen dapat meningkat. Tanggapan konsumen mengenai minat beli di Matahari Department Store Cabang Kings Shopping Center Bandung sebesar 3,82 artinya bahwa minat beli konsumen di tempat ini dapat dinilai tinggi/baik, karena nilai rata-rata keseluruhan pernyataan adalah sebesar 3,83 berada pada interval 3,40 – 4,19. Namun masih ada yang perlu mendapat perhatian pada pernyataan “ Apakah dengan memastikan sifat yang khas dari setiap pilihan produk menimbulkan minat beli konsumen”, karena memiliki nilai yang rendah yaitu 3,61. Besarnya pengaruh keragaman produk terhadap minat beli konsumen di Matahari Department Store Cabang Kings Shopping Center Bandung berdasarkan perhitungan korelasi Rank Spearman, diperoleh nilai rs sebesar 0,455. Karena nilai rs berada diantara 0,26 – 0,50. Sehingga dapat dikatakan bahwa keragaman produk terhadap minat beli konsumen memiliki hubungan yang lemah/rendah. Sedangkan berdasaran perhitungan koefisien determinasi, bahwa keragaman produk terhadap minat beli konsumen di Matahari Department Store Cabang Kings Shopping Center Bandung sebesar 20,70%, sementara sisanya sebesar 79,30% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diukur. Dari perhitungan statistik uji t, nilai thitung 5,52 lebih besar dari ttabel 1,664, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti terdapat pengaruh antara keragaman produk dengan minat beli konsumen. Dengan demikian hipotesis yang diajukan yaitu ”Keragaman Produk berpengaruh terhadap Minat Beli Konsumen di Matahari Department Store Cabang Kings Shopping Center Bandung” dapat diterima. Kata kunci: keragaman produk, minat beli konsumen, penelitian verifikatif, rs sebesar 0,455, konsumen Matahari Department Store Cabang Kings Shopping Center Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2440
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 189.4Kb PDF View/Open
Surat pernyataan.pdf 175.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 457.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 597.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 250.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 237.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record