PENGARUH WORD OF MOUTH COMMUNICATION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BLACKBERRY PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH WORD OF MOUTH COMMUNICATION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BLACKBERRY PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH WORD OF MOUTH COMMUNICATION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BLACKBERRY PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG
Author: Dewi, Sandra
Abstract: ABSTRAK Persaingan yang ketat antara perusahaan sejenis mengakibatkan perusahaan perlu melaksanakan promosi. Dari situasi tersebut para pemasar harus mencari cara agar menarik perhatian konsumen untuk melakukan pembelian terhadap produk yang ada. Salah satu cara yang digunakan oleh pemasar adalah dengan menggunakan Word of Mouth Communication, karena WOMC yang baik dapat merangsang timbulnya keputusan pembelian. Sehubungan dengan hal tersebut penulis melakukan penelitian dalam rangka memenuhi salah satu syarat dengan judul ” Pengaruh Word of Mouth Communication terhadap keputusan Pembelian produk Blackberry terhadap mahasiswa di Universitas Widyatama Bandung “ Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh WOMC (Variabel X) terhadap keputusan pembelian pada produk Blackberry (mahasiswa di Universitas Widyatama Bandung). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data diperoleh antara lain dengan menyebarkan kuesioner kepada 50 responden yaitu mahasiswa Universitas Widyatama yang merupakan konsumen produk Blackberry. Akhirnya diketahui nilai rata-rata keseluruhan tanggapan responden sebesar 3,84 untuk WOMC dan 3,86 untuk keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses WOMC yang baik timbul karena adanya pengguna yang puas dan loyal. Konsumen tersebut merasa produk yang digunakan layak untuk dibicarakan kepada orang lain. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman, diperoleh nilai rs sebesar 0,795. Karena nilai rs berada diantara 0,600-0,799 maka hubungan antara word of mouth communication dengan keputusan pembelian produk Blackberry dapat dikatakan kuat dan searah. Pengaruh word of mouth communication terhadap keputusan pembelian produk Blackberry pada mahasiswa Universitas Widyatama berdasarkan perhitungan koefisien determinasi adalah 63,20% dan sisanya 36,80% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti oleh penulis. Dari perhitungan uji hipotesis, nilai thitung = t hitung = 9,08 lebih besar dari ttabel = 1,678 Ini berarti Ho ditolak dan Hi diterima, word of mouth communication maka memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian produk Blackberry. Hal ini berarti hipotesis yang penulis ajukan pada Bab I yaitu ”word of mouth communication berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk Blackberry pada mahasiswa Universitas Widyatama Bandung”, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2418
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 83.11Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 105.5Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 310.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 360.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 118.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 114.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record