PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN ESTERLIE BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN ESTERLIE BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN ESTERLIE BANDUNG
Author: Sya'bani, Muhamad Nur
Abstract: Skripsi ini berjudul “Pengaruh Saluran Distribusi dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan ESTERLIE Bandung”. Disusun oleh Muhamad Nur Sya’Bani (02.06.173) dengan dibimbing oleh Bapak Dr. Zulganef, Drs., M.M. Saluran distribusi merupakan salah satu komponen utama dari bauran pemasaran yang hakekatnya merupakan proses dari program pemasaran untuk mencapai sasaran dan tujuan perusahaan. Saat ini tidak sedikit perusahaan yang tidak dapat mencapai sasaran penjualannya disebabkan tidak tepatnya saluran distribusi yang digunakan. Berdasarkan pemikiran di atas, penulis melakukan penelitian pada Perusahaan ESTRELIE, yang berlokasi di Komplek Cibogo Indah No. 54 Bandung. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebijakan saluran distribusi, perkembangan penjualan produk dan sejauh mana pengaruh saluran distribusi (Variabel X) dalam meningkatkan volume penjualan (Variabel Y) pada perusahaan ESTRELIE. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan secara kuantitatif dengan pengujian analisis regresi, maka diperoleh suatu persamaan : Y = 50.804,863 + 308,586 X, dimana terlihat bahwa parameter koefisien regresinya untuk variabel bebas adalah positif, ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara Saluran Distribusi terhadap Volume Penjualan. Sehingga setiap terjadinya peningkatan saluran distribusi (X), maka volume penjualan (Y) akan mengalami peningkatan. Jika tidak ada peningkatan saluran distribusi maka volume penjualan sebesar 50.804,863, sedangkan apabila terdapat penambahan 1 saluran distribusi maka volume penjualan akan meningkat sebesar 308,586 Selanjutnya perhitungan koefisien korelasi antara saluran distribusi dengan volume penjualan diperoleh nilai sebesar 0.987. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara saluran distribusi dengan volume penjualan sangat kuat. Hasil pengolahan data menggunakan koefisien determinasi menunjukkan bahwa saluran distribusi dapat mempengaruhi atau memberikan kontribusi sebesar 97,4% terhadap volume penjualan perusahaan ESTERLIE, dimana 2,6% lainnya diberikan oleh variabel lain yang tidak di jelaskan dalam model penelitian ini. Sedangkan dalam uji hipotesis satu arah dengan menggunakan perbandingan antara thitung dengan ttabel, ternyata diperoleh thitung = 26,510 yang lebih besar dari ttabel = 2,09. Dengan demikian Ho berada di daerah penolakan, dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan penulis dapat diterima, yaitu: “Saluran distribusi berpengaruh dalam meningkatkan volume penjualan. Jika aktivitas saluran distribusi meningkat (dengan konsekuensi jumlah perantara meningkat) maka volume penjualan akan meningkat.”
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2392
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 44.74Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 89.36Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 184.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 77.98Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record