PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA DUA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (STUDI PADA PERIODE 2004 – 2008)

Widyatama Repository

PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA DUA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (STUDI PADA PERIODE 2004 – 2008)

Show full item record

Title: PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA DUA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (STUDI PADA PERIODE 2004 – 2008)
Author: Thiani, Linda
Abstract: Penelitian ini berkaitan dengan kebijakan deviden pada perusahaan-perusahaan telekomunikasi yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan menerapkan metode regresi untuk memperkirakan nilai dividend payout ratio (DPO) berdasarkan variabel-variabel yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian-penelitian sebelumnya, antara lain Chang dan Rhee (1990), Sutijo dan Irianto (1992), Surasni (1998) dan Chim (1999) karena ditemukan adanya perbedaan kesimpulan yang diperoleh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan asosiatif. Objek yang diamati adalah laporan keuangan dari dua perusahaan telekomunikasi yang membagikan deviden dalam periode 2004 – 2008. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Dividend Payout Ratio (DPO), sedangkan variabel-variabel independen terdiri dari Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER) dan Net Profit Margin (NPM). Data yang diperlukan adalah data sekunder yang diperoleh dari capital market directory yang dipublikasikan oleh BEI. Alat analisis yang digunakan adalah analisis statistik parametrik yaitu Analisis Korelasi dan Regresi Linear Berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan, bahwa secara umum nilai rata-rata CR, DER dan NPM kedua perusahaan telekomunikasi yang diteliti belum mencapai kondisi yang ideal selama periode 2004 – 2008, sedangkan nilai rata-rata DPO secara umum sudah tergolong baik. Selanjutnya, hasil analisis asosiatif menunjukkan bahwa baik secara simultan maupun parsial, CR (X1), DER (X2), dan NPM (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap DPO (Y) pada kedua perusahaan sektor telekomunikasi yang listing di BEI. Hal ini menjelaskan bahwa kebijakan deviden kemungkinan lebih dipengaruhi oleh pertimbangan manajemen atas variabel-variabel fundamental lain selain keuangan perusahaan emiten. Hasil penelitian merekomendasikan bahwa perusahaan-perusahaan telekomunikasi yang listing di Bursa Efek Indonesia khususnya PT. Indosat Tbk dan PT. Telekomunikasi Tbk hendaknya lebih mampu meningkatkan aset lancar yang dimiliki guna meningkatkan CR, mengurangi penggunaan dana pihak ketiga dan sebaliknya meningkatkan modal sendiri melalui instrumen saham dalam rangka memperkecil nilai DER serta semakin mampu meningkatkan profitabilitasnya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2387
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 40.44Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 85.14Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 85.74Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 121.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 124.6Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 372.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 45.16Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record