PENGARUH AKTIVITAS PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA TWO CLOTHES SKATEBOARD WEAR INDUSTRIES BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH AKTIVITAS PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA TWO CLOTHES SKATEBOARD WEAR INDUSTRIES BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH AKTIVITAS PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA TWO CLOTHES SKATEBOARD WEAR INDUSTRIES BANDUNG
Author: Putra, Gilang Pratama
Abstract: Skripsi ini disusun oleh Gilang Pratama Putra (02 04 429), dengan judul “Pengaruh Aktivitas Promosi Terhadap Volume Penjualan pada Two Clothes Skateboard Wear Industries Bandung”. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Tujuan dari penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan aktivitas promosi pada Two Clothes, dan mengetahui sejauh mana pengaruh Aktivitas Promosi dalam peningkatan volume penjualan. Dalam penyusunan skripsi ini penulis melakukan penelitian pada perusahaan yang bergerak di bidang industri shopping goods yaitu Two Clothes untuk mengetahui pengaruh Aktivitas Promosi dalam peningkatan volume penjualan. Agar dapat memenangkan persaingan, perusahaan harus mempunyai straregi pemasaran yang baik. Salah satu strategi pemasaran yang digunakan oleh Two Clothes adalah dengan melaksanakan kebijakan aktivitas promosi untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen. Dengan begitu produk di pasar akan dikenal dan kelangsungan hidup perusahaan dapat terjamin. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode deskriptif pada pelaksanaan aktivitas promosi pada Two Clothes, dapat disimpulkan pelaksanaannya sudah baik. hal ini terlihat dari keseriusan perusahaan dalam melakukan manajemen saluran, mulai dari awal. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aktivitas promosi terhadap peningkatan volume penjualan, digunakan analisis statistik pada data tentang jumlah advertising dan sales promotion dengan volume penjualan Two Clothes pada tahun 2005-2009. Didapat persamaan regresi linier sederhana Y = 23,643 + 0,32X yang menunjukkan setiap penambahan 1 advertising dan sales promotion akan menambah volume penjualan sebesar 320 unit. Hasil koefisien korelasi sebesar 0,923. hal ini menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat dan searah antara aktivitas promosi dengan volume penjualan. Dari perhitungan koefisien determinasi didapat angka sebesar 85,19%. Yang menunjukkan besarnya pengaruh aktivitas promosi terhadap volume penjualan, sedangkan sisanya sebesar 14,81% merupakan pengaruh faktor lain di luar aktivitas promosi yang tidak diteliti. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan tabel distribusi t, dari hasil perhitungan ternyata diperoleh nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel (4,1546 >2,353 ) yang berarti Ho ditolak dan Hi diterima. Ini berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara aktivitas promosi dengan peningkatan volume penjualan, maka hipotesis yang diajukan penulis, yaitu: “jika jumlah advertising dan sales promotion, maka volume penjualan akan meningkat”, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2380
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 71.69Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 252.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 363.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 365.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record