PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN RELATIONSHIP MARKETING DALAM MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN PADA HARIAN PAGI BANDUNG EKSPRES

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN RELATIONSHIP MARKETING DALAM MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN PADA HARIAN PAGI BANDUNG EKSPRES

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN RELATIONSHIP MARKETING DALAM MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN PADA HARIAN PAGI BANDUNG EKSPRES
Author: Ferina, Elsa
Abstract: Skripsi ini disusun oleh Elsa Ferina (02.08.M05), dengan judul “Pengaruh Kualitas Produk dan Relationship Marketing Dalam Membangun Loyalitas Konsumen Pada Harian Pagi Bandung Ekspres”. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada Harian Pagi Bandung Ekspres dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasikan empat permasalahan utama yaitu: Bagaimana tanggapan responden mengenai Kualitas Produk, Relationship Marketing serta Loyalitas Konsumen terhadap Harian pagi Bandung Ekspres, Seberapa besar pengaruh kualitas produk dan relationship marketing terhadap kepuasan Konsumen, Seberapa besar pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen dan Seberapa besar pengaruh kualitas produk dan relationship marketing terhadap loyalitas konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan responden mengenai Kualitas Produk, Relationship Marketing serta Loyalitas Konsumen terhadap Harian pagi Bandung Ekspres, besarnya pengaruh kualitas produk dan relationship marketing terhadap kepuasan Konsumen, besarnya pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen dan besarnya pengaruh kualitas produk dan relationship marketing terhadap loyalitas konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harapan konsumen terhadap kualitas produk pada Harian Pagi Bandung Ekspres adalah tinggi. Sedangkan nilai rata-rata (kinerja) yang dirasakan sebesar 3,80 yang berarti baik. Harapan konsumen terhadap relationship marketing pada Harian Pagi Bandung Ekspres adalah tinggi. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan harapan responden adalah 3,85. Sedangkan nilai rata-rata keseluruhannya (kinerja) yang dirasakan sebesar 3,84 yang berarti baik. Setelah membandingkan antara harapan dan kinerja diketahui bahwa dari 100 responden, sebanyak 97 menyatakan puas untuk kualitas produk Sedangkan untuk relationship marketing dari 100 responden, sebanyak 99 menyatakan puas. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa responden merasa puas terhadap kualitas produk maupun relationship marketing Untuk mengetahui seberapa kuat hubungan kualitas produk dan relationship marketing terhadap kepuasan konsumen pada Harian Pagi Bandung Ekspres, maka dilakukan uji stasistik dengan menggunakan korelasi Berganda dan diperoleh nilai R sebesar 0,312 yang menunjukkan bahwa hubungan yang terjadi tergolong lemah, untuk hubungan antara kepuasan konsumen dengan loyalitas konsumen tergolong sangat lemah sebesar 0,146, Sedangkan hubungan antara kualitas produk dan relationship marketing terhadap loyalitas tergolong cukup kuat karena nilai R sebesar 0,717. Berdasarkan output Model Summary, diperoleh nilai koefisien determinasi yang disimbolkan dengan Rsquare atau R2 sebesar 0,514. Hal ini menunjukkan bahwa secara simultan pengaruh yang diberikan oleh kualitas produk dan relationship marketing terhadap loyalitas konsumen sebesar 51,4% dan 48,6% lainnya merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti. Secara simultan, terdapat pengaruh yang signifikan dari kualitas produk dan relationship marketing terhadap loyalitas konsumen (F hitung 51,386 > F tabel 3,090) dengan besar kontribusi simultan (R2) sebesar 51,4%. Adapun secara parsial, hanya variabel kualitas produk yang berpengaruh terhadap loyalitas konsumen (t hitung 8,056 > t tabel 1,985). Kekuatan hubungan secara simultan yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi berganda menunjukkan hubungan yang terjadi antara kualitas produk dan relationship marketing dengan loyalitas konsumen adalah hubungan yang kuat (R=0,717 berada pada interval 0,700 – 0,899). Sehubungan dengan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka hipotesis yang semula diajukan yaitu : “Pengaruh Kualitas Produk dan Relationship Marketing Dalam Membangun Loyalitas Konsumen Pada Harian Pagi Bandung Ekspres”, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2370
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 16.54Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 49.66Kb PDF View/Open
Surat Pernyataan.pdf 47.98Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 85.56Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 52.27Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 77.29Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 81.05Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 55.03Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 179.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 56.34Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 62.04Kb PDF View/Open
Kuesioner.pdf 126.8Kb PDF View/Open
Output SPSS.pdf 106.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record