PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK TELKOM SPEEDY di KOTA BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK TELKOM SPEEDY di KOTA BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK TELKOM SPEEDY di KOTA BANDUNG
Author: Wardhana, Dani
Abstract: Skripsi ini disusun oleh Dani Wardhana (0205034), dengan judul ” Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Telkom Speedy di Kota Bandung”. Di dalam penyusunan skripsi ini penulis di bawah bimbingan Ibu Dr. Mariana Rachmawati, S.E., M.M., selaku dosen pembimbing. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan sifat sesuatu yang sedang berlangsung pada saat penelitian dilakukan dan memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala tertentu serta menggambarkan pengaruh antar variabel untuk memperoleh data yang akan dipergunakan dan diolah. Penelitian ini dilakukan pada Telkom Speedy dengan mengambil sampel sebanyak 30 responden. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk untuk mengetahui pendapat konsumen tentang brand image yang dihasilkan oleh Telkom Speedy, untuk mengetahui keputusan pembelian konsumen terhadap produk Telkom Speedy dan untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Telkom Speedy. .Tanggapan konsumen mengenai brand image produk Telkom Speedy, dapat dikatakan baik bahwa sebagian besar responden menjawab setuju,. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan pernyataan adalah 3,84 yang berada pada interval 3,40 - 4,19. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian yaitu Logo Telkom Speedy mudah di kenali, Merek Telkom Speedy mudah diucapkan dan Merek Telkom Speedy mudah diingat, karena nilainya di bawah ratarata. Tanggapan mengenai Keputusan pembelian konsumen pada produk Telkom Speedy, dapat dikatakan tinggi. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan pernyataan adalah 3,81 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian yaitu menilai bahwa produk Telkom Speedy lebih baik daripada produk sejenis lainnya dan sesuai dengan kebutuhan, dan memutuskan untuk selalu menggunakan produk dari Telkom, karena nilainya di bawah rata-rata. Pengaruh brand image produk Telkom Speedy terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Telkom Speedy berdasarkan hasil pengujian koefisien korelasi rank spearman diperoleh nilai sebesar 0,710 yang menunjukan hubungan yang kuat antara brand image dengan keputusan pembelian konsumen. Besarnya pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 50,41%. Sedangkan sisanya 49,59% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian misalkan harga, promosi, saluran distribusi. Berdasarkan analisis uji hipotesis, didapat thitung sebesar 5,33 dan ttabel sebesar 1,701 dengan tingkat kekeliruan 5%. Ini menunjukan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel, ini berarti terdapat pengaruh positif antara brand image dengan keputusan pembelian konsumen. Jadi hipotesis yang penulis ajukan pada bab I, yaitu : “ Jika citra merek yang meliputi atribut-atribut yang melekat pada produk tersebut positif, maka akan berpengaruh terhadap keputusan pembelian oleh konsumen pada produk Telkom Speedy”. dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2366
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 11.06Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 39.58Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 204.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 77.01Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record