PENGARUH PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. BANK MANDIRI Tbk, CABANG BRAGA BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. BANK MANDIRI Tbk, CABANG BRAGA BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. BANK MANDIRI Tbk, CABANG BRAGA BANDUNG
Author: Hermawan, Biyan
Abstract: Skripsi ini disusun oleh Biyan Hermawan (02.06.050), dengan judul ”Pengaruh Penerapan Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Bank mandiri Tbk, cabang Braga Bandung. Di dalam penyusunan skripsi ini penulis di bawah bimbingan Ibu Rini Handayani, S.E., M.Si., selaku dosen pembimbing. Tujuan dari penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui Customer Relationship Management (CRM) atas Loyalitas Pelanggan PT Bank Mandiri Tbk cabang Braga Bandung dan untuk mengetahui besarnya pengaruh antara Customer Relationship Management (CRM) tersebut dengan Loyalitas Pelanggan PT Bank Mandiri Tbk cabang Braga Bandung. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan sifat sesuatu yang sedang berlangsung pada saat penelitian dilakukan dan memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala tertentu serta menggambarkan pengaruh antar variabel untuk memperoleh data yang akan dipergunakan dan diolah. Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Mandiri Tbk cabang Braga Bandung dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Customer Relationship Management (CRM) pada PT. Bank Mandiri Tbk cabang Braga Bandung, untuk mengetahui Loyalitas Pelanggan pada PT Bank Mandiri Tbk cabang Braga Bandung, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Bank Mandiri Tbk cabang Braga Bandung. Tanggapan responden tentang pelaksanaan Customer Relationship Management (CRM) yang disajikan oleh PT. Bank Mandiri Tbk dapat dikatakan baik (setuju), nilai ratarata dari keseluruhan pernyataan sebesar 4,11 yang mana berada pada interval 3,40 – 4,19. Tanggapan responden tentang Loyalitas Pelanggan pada PT Bank Mandiri Tbk dapat dikatakan baik (setuju), nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan adalah sebesar 4,10 yang mana berada pada interval 3,40 – 4,19. Untuk mengetahui seberapa kuat hubungan Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Bank mandiri Tbk, cabang Braga Bandung, maka dilakukan uji stasistik dengan menggunakan korelasi rank spearman dan diperoleh nilai rs sebesar 0,435 yang menunjukkan bahwa pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan adalah cukup kuat dan keduanya mempunyai hubungan yang positif atau searah. Sedangkan hasil analisis koefisien determinasi (Kd) sebesar 18,9 % menunjukkan bahwa Customer Relationship Management (CRM) memberikan pengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan, sedangkan sisanya yaitu 81,1 % dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti oleh penulis. Berdasarkan pengujian hipotesis didapat bahwa thitung = 4,79 lebih besar dari ttabel = 1,658 maka terbukti bahwa Customer Relationship Management (CRM) memiliki pengaruh yang signifikan dengan Loyalitas Pelanggan. Sehubungan dengan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, hipotesis yang semula diajukan yaitu : “Kegiatan Customer Relationship Management (CRM) akan berpengaruh positif terhadap Loyalitas pelanggan PT. Bank Mandiri Tbk”,dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2365
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Abstrak.pdf 37.48Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 194.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 52.84Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.85Kb PDF View/Open
Kuesioner.pdf 109.5Kb PDF View/Open
data kuesioner variabel x dan y.pdf 400.9Kb PDF View/Open
mandiri.pdf 85.78Kb PDF View/Open
tabel t.pdf 37.84Kb PDF View/Open
Uji Reliabilitas Variabel X dan Y.pdf 118.1Kb PDF View/Open
Uji Validitas Variable X dan Y.pdf 59.96Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record