Usulan Perbaikan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia Berdasarkan Hasil Pengukuran Kepuasan Kerja Pegawai Dengan Metode Employee Satisfaction Index (ESI), Gap Analysis Dan Quadrant Map (Kasus: Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Jawa Barat)

Widyatama Repository

Usulan Perbaikan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia Berdasarkan Hasil Pengukuran Kepuasan Kerja Pegawai Dengan Metode Employee Satisfaction Index (ESI), Gap Analysis Dan Quadrant Map (Kasus: Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Jawa Barat)

Show full item record

Title: Usulan Perbaikan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia Berdasarkan Hasil Pengukuran Kepuasan Kerja Pegawai Dengan Metode Employee Satisfaction Index (ESI), Gap Analysis Dan Quadrant Map (Kasus: Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Jawa Barat)
Author: YUNIARTI, UCEU
Abstract: ABSTRAK Sumberdaya manusia mempunyai peran yang penting dalam mencapai tujuan organisasi. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dilakukan karena sumberdaya manusia adalah aset organisasi yang sangat vital, dan juga yang menentukan kualitas akhir dari produk atau jasa yang dihasilkan oleh organisasi tersebut. Pegawai mempunyai pengaruh yang besar terhadap organisasi maka setidaknya organisasi harus mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pegawainya terhadap performansi organisasi. Salah satu faktor pendukung performasi adalah kepuasan kerja pegawai yaitu aspek-aspek yang dapat memunculkan rasa puas atau tidak puas pegawai terhadap pekerjaannya. Tidak ada yang membantah jika dikatakan bahwa kepuasan kerja pegawai memiliki implikasi yang sangat besar bagi instansi maupun organisasi. Pegawai dengan tingkat kepuasan yang tinggi akan cenderung memiliki kinerja yang lebih efektif jika dibandingkan dengan pegawai dengan tingkat kepuasan yang rendah. Kepuasan dan ketidakpuasan kerja pada pegawai ini sudah menjadi sorotan penting bagi BPK. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan kerja, (2) Mengukur tingkat kepuasan pegawai terhadap organisasi dengan mengukur besarnya gap antara tingkat kepuasan dengan tingkat kepentingan yang dirasakannya, dan (3) Menentukan usulan berupa faktor-faktor apa yang menjadi prioritas perbaikan oleh pihak manajemen untuk meningkatkan kinerja di internal BPK perwakilan Bandung. Metode yang digunakan adalah survey dan wawancara langsung ke pegawai BPK RI Perwakilan Bandung dan diolah dengan metode Employee Satisfaction Index, Gap Analysis dan Peta Kuadran Analysis. Hasil Pengukuran dan analisa menunjukkan bahwa tingkat kepuasan kerja pegawai BPK RI Perwakilan Bandung secara keseluruhan berada dalam kategori puas. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata indeks kepuasan kerja pegawai secara keseluruhan yaitu sebesar 63.434%. Kata Kunci: Kepuasan Pegawai, Employee Satisfaction Index, Gap Analysis, Peta Kuadran
Description: ABSTRACT Human resources have an important role in achieving organizational goals. Quality improvement of human resources has been done since human resources is a vital organizational asset, and also may determine the final quality of products or services produced by the organization. Employees have a considerable effect on the organization, therefore the organization a least must to know how much the level of satisfaction of employees towards organizational performance. One of the contributing factors in performance is the job satisfaction of employees, the aspects that can bring a sense of satisfaction or dissatisfaction employee towards his job. No one can deny that employee’s satisfaction has huge implications for agencies and organizations. Employees with a high level of satisfaction will tend to have a more effective performance compared to employees with a low level satisfaction. Job’s satisfaction and dissatisfaction in employees has been a key highlight for BPK. The purpose of this study was to (1) Identify the factors that influence level of job satisfaction, (2) Measure employee satisfaction levels of the organization to quantify the magnitude of gap between satisfaction level and interest level, and (3) Give suggestion to determine the improvement priority factors by management to improve the performance in the internal of BPK representative in Bandung. The method of the research used surveys and direct interviews to the employee of BPK RI Representative Bandung and processed by Employee Satisfaction Index method, Gap Analysis and Map Analysis Quadrant. Measurement and analysis of the results showed that the level of employee’s satisfaction BPK RI Bandung Representative is in satisfied category as a whole. It can be seen from the average value of employee satisfaction index within number 63.434%. Keywords: Employee Satisfaction, Employee Satisfaction Index, Gap Analysis, Map of Quadrants
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2341
Date: 2012-10


Files in this item

Files Size Format View Description
01_cover_net_a5_net bgt.pdf 14.45Kb PDF View/Open cover
02_Lembar Pengesahan_net_a5_net bgt.pdf 21.35Kb PDF View/Open lembar pengesahan
03_DAFTAR ISI THESIS-UCEU_a5_net bgt.pdf 55.47Kb PDF View/Open daftar isi
BAB I Thesis-Uceu_a5_net bgt.pdf 38.70Kb PDF View/Open BAB I
BAB II Thesis -Uceu_a5_net bgt.pdf 166.3Kb PDF View/Open BAB II
BAB III Thesis-Uceu_a5_net bgt.pdf 77.59Kb PDF View/Open BAB III
BAB IV Thesis-Uceu_a5_net bgt.pdf 1.016Mb PDF View/Open BAB IV
BAB V Thesis-Uceu_a5_net bgt.pdf 45.02Kb PDF View/Open BAB V
DAFTAR PUSTAKA Thesis-Uceu_a5_net bgt.pdf 16.19Kb PDF View/Open daftar pustaka

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record