PENGARUH KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI,
No Thumbnail Available
Date
2013-06
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
ABSTRAK
PENGARUH KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI, KUALITAS
SISTEM INFORMASI, DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP
KEPUASAN PENGGUNA AKHIR SISTEM INFORMASI
(Survei pada Tiga Satker KPU Pengguna Software Aplikasi SIA)
Seiring dengan kemajuan dalam bidang teknologi komputer dan informasi
saat ini, sistem informasi akuntansi telah berkembang menjadi sistem informasi
akuntansi yang berbasisis komputer. Sistem Informasi Akuntansi yang
terkomputerisasi memungkinkan pemakai laporan keuangan dapat melihat laporan
keuangan setiap saat dengan lebih cepat dan akurat. Penyajian informasi keuangan
dan non-keuangan dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan adanya dukungan
software aplikasi sistem informasi akuntansi.
Metode yang digunakan penulis yaitu metode deskriptif dengan
pendekatan survei pada pada KPU Kabupaten Bandung, KPU Kota Bandung, dan
KPU Kota Cimahi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan
mendapatkan bukti pengaruh kualitas layanan sistem informasi, kualitas sistem
informasi, dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna akhir sistem
informasi. Populasi dalam penelitian ini adalah staf pelaksana subbagian program
dan data serta staf pelaksana subbagian keuangan, umum, dan logistik. Sampelnya
berjumlah 35 responden dengan teknik pengambilan sampel nonprobability
sampling yaitu sampel jenuh. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dengan
kuisioner dan sekunder. Alat analisis yang dipergunakan adalah SPSS 13.00.
Hasil dari penelitian ini adalah kualitas layanan sistem informasi
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna akhir sistem informasi.
Kualitas sistem informasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna
akhir sistem informasi. Dan kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pengguna akhir sistem informasi.
Description
Keywords
Kualitas Layanan Sistem Informasi, Aplikasi SIA