ANALISIS AUDIT KINERJA KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PROGRAM JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT

Widyatama Repository

ANALISIS AUDIT KINERJA KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PROGRAM JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT

Show full item record

Title: ANALISIS AUDIT KINERJA KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PROGRAM JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT
Author: Kuspratama
Abstract: Judul : Analisis Audit Kinerja Kualitas Pelayanan Publik Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Studi Kasus pada Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung) ABSTRAK Pemeriksaan kinerja khususnya pada program Jamkesmas perlu dilaksanakan dengan mempertimbangkan bahwa masih terdapat kelemahan dalam pelaksanaan program Jamkesmas yang menyangkut dalam hal pemberian pelayanan kesehatan. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan audit kinerja pada sektor publik yang berhubungan dengan kualitas pelayanan publik pada program jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) telah dilaksanakan dengan memadai. Penelitian ini dilaksanakan di Instalasi Pelayanan Terpadu Gedung Kemuning Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin Bandung. Audit kinerja adalah audit yang dilakukan secara obyektif dan sistematis dalam menelaah berbagai macam bukti untuk menilai kinerja entitas yang diaudit dalam hal ekonomi, efisiensi dan efektivitas dengan tujuan memperbaiki kinerja. Di mata entitas pemerintah, pelaksanaan audit kinerja merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan untuk dapat memperbaiki dan mengevaluasi kinerjanya salah satunya dalam hal meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik, di mana pelayanan publik yang berkualitas adalah pemberian pelayanan secara prima kepada masyarakat agar dapat memuaskan bagi pengguna jasanya sesuai dengan aturan dan tata cara yang telah ditetapkan. Pelayanan publik merupakan pemberian layanan keperluan orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada suatu organisasi sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan. Kualitas pelayanan publik yang prima sangat ditentukan oleh perangkat birokrasi di tingkat operasional yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis kasus. Pengumpulan data dan informasi dilaksanakan dengan studi lapangan melalui observasi, penyebaran kuesioner dan wawancara. Dalam menganalis pengimplementasian audit kinerja di lingkungan Instalasi Pelayanan Terpadu Gedung Kemuning Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung dilakukan pembahasan secara deskriptif untuk melihat fungsi audit kinerja dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan program Jamkesmas. Dalam pengujian hipotesis digunakan analisis statistik deskriptif. Dari hasil analisis tersebut diperoleh pelaksanaan audit kinerja kualitas pelayanan publik telah dilakukan secara memadai dan kememadaian dari hasil audit kinerja tersebut di dukung oleh pelayanan kesehatan yang terjamin kualitasnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan audit kinerja telah dilakukan secara memadai pada program Jamkesmas di Instalasi Pelayanan Terpadu Gedung Kemuning Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin Bandung. Kata kunci : Audit Kinerja, Kualitas Pelayanan Publik, Jamkesmas
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2338
Date: 2012-06


Files in this item

Files Size Format View Description
ABSTRAK.pdf 27.67Kb PDF View/Open abstrak
BAB 1.pdf 136.9Kb PDF View/Open BAB I
BAB 2.pdf 197.3Kb PDF View/Open BAB II
BAB 3 part 1.pdf 127.7Kb PDF View/Open BAB III part1
bab 3 part 2.pdf 199.7Kb PDF View/Open BAB III part2
Bab 3 part 3.pdf 418.1Kb PDF View/Open BAB III part3
BAB 4.pdf 648.2Kb PDF View/Open BAB IV
BAB 5.pdf 46.42Kb PDF View/Open BAB V
Cover.pdf 18.30Kb PDF View/Open cover
Daftar Pustaka.pdf 112.8Kb PDF View/Open daftar pustaka
KUESIONER.pdf 185.7Kb PDF View/Open kuesioner

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record