“Pengaruh Kredit Bermasalah (Non Performing Loan) dan Penghapusan Kredit Bermasalah Terhadap Net Profit Margin (studi kasus pada Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)”

Widyatama Repository

“Pengaruh Kredit Bermasalah (Non Performing Loan) dan Penghapusan Kredit Bermasalah Terhadap Net Profit Margin (studi kasus pada Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)”

Show full item record

Title: “Pengaruh Kredit Bermasalah (Non Performing Loan) dan Penghapusan Kredit Bermasalah Terhadap Net Profit Margin (studi kasus pada Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)”
Author: Rahmadiansyah, Raden Cahya
Abstract: ABSTRAK PENGARUH KREDIT BERMASALAH (NON PERFORMING LOAN) DAN PENGHAPUSAN KREDIT BERMASALAH TERHADAP NET PROFIT MARGIN Kegiatan pokok perbankan sebagai lembaga intermediasi adalah menghimpun dana dari pihak yang memiliki surplus keuangan kemudian menyalurkan kembali dana tersebut kepada pihak yang membutuhkan dana dalam bentuk kredit. Kredit merupakan penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak yang lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga, oleh karena itu kredit menjadi salah satu instrument perbankan yang dapat menghasilkan pendapatan melalui bunga. Penyaluran kredit yang tidak terukur oleh perbankan mengandung risiko kegagalan atau kemacetan dalam pengembalian dana maupun perolehan bunga, sehingga dapat berpengaruh terhadap profitabilitas juga likuiditas suatu bank yang kemudian berdampak buruk terhadap tingkat kesehatan bank. Pada saat terjadi kredit bermasalah, perbankan perlu membentuk pencadangan bunga untuk menjaga kerugian yang lebih besar saat kredit tersebut benar-benar tak tertagih yang berasal dari laba, sehingga jumlah laba yang diperoleh dapat berkurang. Sedangkan untuk kredit yang benar-benar tidak dapat tertagih dapat dilakukan upaya hapus buku dimana akan mengurangi jumlah kredit bermasalah yang kemudian akan berdampak pada berkurangnya pencadangan kredit bermasalah yang perlu dibentuk oleh perbankan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan metode verifikatif dengan pendekatan survey. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling yang menghasilkan sebanyak 7 bank umum. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data laporan keuangan selama empat periode yaitu dari tahun 2008 sampai dengan 2011. Analisis statistik yang digunakan untuk mengolah dan menganalisis data serta pengambilan simpulan penelitian dari pengujian hipotesis yaitu dengan menggunakan analisis Regresi Berganda. Uji signifikansi secara parsial (t), uji signifikansi secara simultan (F), serta penetapan tingkat signifikansi sebesar 5%. Berdasarkan hasil perhitungan statistik uji t dan uji F menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kredit bermasalah (Non Performing Loan) dan penghapusan kredit bermasalah terhadap net profit margin. Saran yang dapat peneliti berikan kepada perbankan ialah agar dapat meningkatkan pengawasan terhadap kredit yang berjalan agar tidak menjadi kredit bermasalah, bagi pihak investor agar menganalisa laporan keuangan perbankan terutama rasio NPL karena semakin kecil NPL semakin tinggi tingkat kesehatan bank tersebut, dan bagi peneliti lain agar membahas faktor-faktor lain yang dapat dipengaruhi oleh NPL.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2337
Date: 2012-06


Files in this item

Files Size Format View Description
Cover.pdf 83.17Kb PDF View/Open cover
Abstraksi.pdf 102.0Kb PDF View/Open abstrak
Lembar Pengesahan.pdf 80.96Kb PDF View/Open lembar pengesahan
surat Pernyataan.pdf 83.06Kb PDF View/Open surat pernyataan
Kata Pengantar.pdf 158.0Kb PDF View/Open kata pengantar
Daftar Tabel.pdf 98.65Kb PDF View/Open daftar tabel
Daftar Pustaka.pdf 145.4Kb PDF View/Open daftar pustaka
Daftar Lampiran.pdf 97.71Kb PDF View/Open daftar lampiran
Daftar Isi.pdf 107.3Kb PDF View/Open daftar isi
Daftar Gambar.pdf 154.9Kb PDF View/Open daftar gambar
Lampiran.pdf 214.1Kb PDF View/Open lampiran
BAB 1.pdf 194.2Kb PDF View/Open BAB I
BABA II.pdf 402.0Kb PDF View/Open BAB II
BAB III.pdf 303.0Kb PDF View/Open BAB III
BAB IV.pdf 627.4Kb PDF View/Open BAB IV
BAB V.pdf 107.4Kb PDF View/Open BAB V

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record