PERANAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI PELANGGAN PADA PT. ASKES (PERSERO) KANTOR REGIONAL V JAWA BARAT

Widyatama Repository

PERANAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI PELANGGAN PADA PT. ASKES (PERSERO) KANTOR REGIONAL V JAWA BARAT

Show full item record

Title: PERANAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI PELANGGAN PADA PT. ASKES (PERSERO) KANTOR REGIONAL V JAWA BARAT
Author: Harimurti, Ary Respati
Abstract: Penulis melakukan penelitian di PT. Askes (Persero) Kantor Regional V Jawa Barat dengan judul: “Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Menjadi Pelanggan pada PT. Askes (Persero) Kantor Regional V Jawa Barat”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai atribut produk, harapan konsumen mengenai atribut produk dan pengaruh atribut produk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan survey. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, literature dan kuesioner, sedangkan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa merek (merk), merek sudah dikenal secara luas, merek memiliki image yang baik. Pelayanan (service), pelayanan yang ramah, cepat dan pelayanan yang sama. Harga (price), tarif yang kompetitif, biaya sesuai dengan yang didapat. Kualitas (quality), obat generik sudah dapat menggantikan obat yang sudah ada. Sedangkan jaminan (insurance), adalah bahwa produk dapat diterima dan sesuai dengan yang ditawarkan. Tanggapan konsumen mengenai atribut produk pada PT. Askes (Persero) Kantor Regional V Jawa Barat secara keseluruhan sebesar 3,874 yang berarti bahwa konsumen menganggap baik atas atribut produk yang diberikan PT. Askes (Persero) Kantor Regional V Jawa Barat. Hubungan atribut produk dengan keputusan untuk menjadi pelanggan pada PT. Askes (Persero) Kantor Regional V Jawa Barat menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rs sebesar 0,74 dengan tingkat interpretasi koefisieen korelasi menurut Riduwan. Sedangkan berdasarkan analisis uji hipotesis dengan menggunakan distribusi t, diperoleh hasil t hitung > t tabel = 10,89 > 1, 6627, dengan demikian kita dapat menolak Ho dan menerima Ha, berarti atribut produk mempunyai hubungan positif dengan keputusan menjadi pelanggan. Dengan hasil koefisien determinasi (Kd) sebesar 55%, dapat disimpulkan bahwa keputusan menjadi pelanggan pada PT. Askes (Persero) Kantor Regional V Jawa Barat dipengaruhi oleh atribut produk sebesar 55%. Sedangkan sisanya sebesar 45% dipengaruhi oleh variable-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2334
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.04Kb PDF View/Open
Surat Pernyataan.pdf 32.88Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.92Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 26.85Kb PDF View/Open
Daftar Isi, Tabel, Gambar, dan Lampiran.pdf 46.80Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 95.20Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 38.10Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.67Kb PDF View/Open
Lampiran - Kuesioner.pdf 46.22Kb PDF View/Open
Lampiran - Tabel Harga Kritis T.pdf 83.00Kb PDF View/Open
Lampiran - Tabulasi Jawaban Kuesioner.pdf 88.35Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record