HUBUNGAN ATRIBUT PRODUK INTERNET DENGAN LOYALITAS PELANGGAN INTERNET PT. SMART TELECOM BANDUNG

Widyatama Repository

HUBUNGAN ATRIBUT PRODUK INTERNET DENGAN LOYALITAS PELANGGAN INTERNET PT. SMART TELECOM BANDUNG

Show full item record

Title: HUBUNGAN ATRIBUT PRODUK INTERNET DENGAN LOYALITAS PELANGGAN INTERNET PT. SMART TELECOM BANDUNG
Author: Pratama, Andri Angga
Abstract: Dalam penelitian ini penulis memberi judul : Hubungan Atribut Produk Internet Smart dengan Loyalitas Pelanggan Internet PT. Smart Telecom Bandung. Dimana tujuan penulis adalah ingin menganalisa kebijakan perusahaan terhadap atribut produk internet Smart dan untuk menganalisa hubungan antara atribut produk internet Smart terhadap loyalitas pelanggan internet PT. Smart Telecom Bandung. Ruang lingkup penelitian ini dibatasi hanya mengenai hubungan atribut produk terhadap loyalitas pelanggan internet PT. Smart Telecom Bandung, dalam penelitian ini menggunakan metode eksplanatori, sedangkan untuk pengujian hipotesis hubungan antara kedua variabel diatas, digunakan analisis korelasi dan uji z yang penilaiannya menggunakan metode Rank Spearman. Dari hasil pengujian tersebut dapat ditarik kesimpulan apakah hipotesis dapat diterima atau ditolak. Sedangkan instrumen penelitian (kuesioner) sudah diuji terlebih dahulu mengenai validitas (kesahihan butir) dan reliabilitasnya, untuk rumus korelasi digunakan Product Moment dengan  = 0,05, sedangkan dalam uji reliabilitas digunakan program bantu SPSS13 (Cronbach’s Alpha). Dalam penelitian ini penulis menyebarkan 100 kuesioner kepada 100 orang yang menggunakan internet Smart di Bandung, dimana pemilihan responden dilakukan secara non-probability sampling dengan metode sampling aksidental. Data yang didapat berupa data ordinal, sedangkan korelasi yang digunakan adalah skor median. Untuk uji validitas dan uji realibilitasnya pertanyaan – pertanyaan dalam kuesioner yang disebarkan sudah cukup baik (dapat diandalkan) karena mempunyai reliabilitas 0,902 untuk variabel X dan 0,960 untuk variabel Y, dimana keduanya diatas 0,7 Berdasarkan hasil penelitian tanggapan pelanggan tentang komponen – komponen dari dimensi pembentuk atribut produk internet Smart dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari tanggapan pelanggan yang menyatakan setuju dengan nilai rata – rata 4,026. Dan tanggapan pelanggan tentang loyalitas pelanggan internet Smart secara keseluruhan dapat dikatakan sangat baik, yang dapat dilihat dari tanggapan pelanggan yang menyatakan sangat setuju dengan nilai rata – rata 4,272. Dalam penelitian ini penulis juga melihat bahwa ada hubungan yang rendah dan searah antara variabel X dengan variabel Y. Dapat terlihat dari nilai koefisien korelasi (rs) sebesar 0,328, sedangkan uji signifikan z adalah sebesar 3,264. Sementara secara keseluruhan atribut produk internet Smart dinilai baik dimata pelanggan, terbukti dengan pernyataan pelanggan yang terpilih sebagai responden menyatakan setuju untuk hampir seluruh item pernyataan yang diajukan dalam kuesioner. Demikian pula dengan loyalitas pelanggan PT. Smart Telecom Bandung yang dinilai sangat baik, karena keseluruhan pertanyaannya sebagian besar dijawab sangat setujui oleh responden.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2332
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 121.1Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 122.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 118.9Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 135.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 141.6Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 325.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 151.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka & Lampiran.pdf 1.534Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record