PENGARUH ASIMETRI INFORMASI DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Penelitian pada Perusahaan di Sektor Industri Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009 - 2011)

Widyatama Repository

PENGARUH ASIMETRI INFORMASI DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Penelitian pada Perusahaan di Sektor Industri Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009 - 2011)

Show full item record

Title: PENGARUH ASIMETRI INFORMASI DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Penelitian pada Perusahaan di Sektor Industri Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009 - 2011)
Author: Restuwulan
Abstract: ABSTRAK PENGARUH ASIMETRI INFORMASI DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Penelitian pada Perusahaan di Sektor Industri Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009 - 2011) Manajemen laba sebagai suatu fenomena dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yang menjadi pendorong timbulnya fenomena tersebut. Asimetri informasi dan ukuran perusahaan diyakini dapat mempengaruhi manajemen laba. Beberapa penelitian mengenai pengaruh asimetri informasi dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba telah dilakukan. Namun, hasil yang diperoleh masih menunjukkan ketidakkonsistenan terutama ukuran perusahaan. Dalam penelitian ini, manajemen laba diukur dengan menggunakan model Friedlan untuk menghitung discretionary accruals. Asimetri informasi diukur dengan menggunakan bid-ask spread dan ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan total aktiva. Populasi penelitian ini terdiri dari 18 perusahaan food and beverages dan periode pengamatan mulai tahun 2009 – 2011. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil purposive sampling diperoleh 14 perusahaan di sektor industri food and beverages yang memenuhi kriteria sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis linier berganda untuk menguji pengaruh asimetri informasi dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Analisis statistik yang digunakan, yaitu (1) pengujian asumsi klasik, yang terdiri dari uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi, (2) pengujian hipotesis, yang terdiri dari uji koefisien determinasi (R2), uji hipotesis secara parsial (t-test), dan uji hipotesis secara simultan (F-test). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan metode analisis linier berganda dalam penelitian ini, maka didapat kesimpulan secara parsial bahwa asimetri informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. Serta pengujian secara simultan didapat kesimpulan bahwa asimetri informasi dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan di sektor industri food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009 -2011. Kata kunci : Manajemen laba, discretionary accruals, asimetri informasi, ukuran perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2324
Date: 2013-06


Files in this item

Files Size Format View Description
0109U174.pdf 654.0Kb PDF View/Open PENGARUH ASIMETRI INFORMASI DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record