REVITALISASI KONSEP & IMPLEMENTASINYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA BISNIS KOPERASI

Abstract
Koperasi sebagai badan usaha di Indonesia memiliki landasan historis, ideologis dan politis yang sanqat kuat. Bahkan pendiri bangsa berharap menjadi soko guru perekonomian bangsa Indonesia. Namun yang terjadi sangat kontradikiti( koperasi bukan hanya belum (tidak) mampu mewujudkan seperti yang diharapkan, tetapi mulai dilupakan bahkan ditinggalkan. Bisa dilihat bahwa amandemen UUD 45 khsusunya pasal 33 tidak lagi menyebut koperasi sebagai satu-satunya budan usaha yang "cacok" untuk menciptakan kesejahteraan ekonomi Indonesia. Lebih Ianjut, dalam wacana akademispun khususnya diseko/ah ekonomi dan bisnis, koperasi hanya sekedar 'Iembaga bisnis figuran"yang /idak mendapatkan parsi yang cukup untuk dibahas. Tentu yang menjadi pertanyaan, betulkah koperasi tidak mampu menjawab tantangan mensejahterakan ekonorni rakyat ditengah era ekonomi kapi/alis? Jawabnya adalah tidek benar!. Hasil studi menunjukkan bahwa terdapat kelemahan yang mendasar dari para pembuat kebjiakan dan praktisi koperasi dalam memahami koperasi sebagai badan usaha, dim ana penyusunan program-program nya bertumpu pada "hard capita/" dan mengesampingkan "soft capital'. Dengan demikian, maka koperasi per/u segera melakukan revitalisasi dalam konsep dan implementasinya melalui pendekatan manajemen yang profesional. Sehingga koperasi mampu menunjukkan kinerja bisnis yang diharapkan dan berkontribusi nyata terhadap perekonomian bangsa Indonesia. Makalah ini adalah hasil studi pustaka didukung oleh bukti empirik dan pengalaman sebagai praktisi koperasi yang menyimpulkan bahwa koperasi "Iayak' diberi tempat baik dalam konstelasi ekonomi dan bisnis ataupun akademis.
Description
=
Keywords
Koperasi;, Revitalisasi, Kinerja Bisnis;, Pendekatan Manaj()rial
Citation
-