PENGARUH PENETAPAN HARGA DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN JASA PT. ARMADA SAFARI SUCI

Widyatama Repository

PENGARUH PENETAPAN HARGA DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN JASA PT. ARMADA SAFARI SUCI

Show full item record

Title: PENGARUH PENETAPAN HARGA DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN JASA PT. ARMADA SAFARI SUCI
Author: Gumbilar, Agam
Abstract: Harga merupakan unsur bauran pemasaran yang bersifat fleksibel, artinya dapat diubah dengan cepat. PT. Armada Safari Suci merupakan salah satu perusahaan tour and travel menyadari persaingan diantara perusahaan sejenis semakin tinggi. Berdasarkan bidang usaha perusahaan yaitu tour and travel, maka tujuan penetapan harga perusahaan berorientasi pada volume tertentu atau yang biasa dikenal dengan istilah volume pricing objectives. Bahwa tingkat harga yang ditetapkan mempengaruhi kuantitas yang terjual. Sehingga keputusan dan strategi penetapan harga memegang peranan penting dalam setiap perusahaan. Berdasarkan informasi yang diperoleh, bahwa antara PT. Armada Safari Suci dan PT. Megacitra memiliki produk yang sama, yang membedakan adalah penetapan biaya dimana harga yang ditawarkan oleh PT. Armada Safari Suci lebih tinggi dari harga yang ditawarkan oleh PT. Megacitra. Akan tetapi, jamaah yang mendaftar melalui biro perjalanan PT. Armada Safari Suci lebih banyak. Berdasarkan pengolahan data yang didapat, penetapan harga yang dilakukan pada PT. Armada Safari Suci telah memperhatikan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam menetapkan harga, seperti efek kesulitan membandingkan dan efek mutu harga. Harga yang ditetapkan oleh PT. Armada Safari Suci secara keseluruhan dapat dikatakan berfluktuasi turun naik. Begitu pula dengan volume penjualan PT. Armada Safari Suci yang secara keseluruhan selama periode 2008-2009 terlihat selalu berfluktuasi naik turun. Berdasarkan hasil perhitungan analisis korelasi Pearson, bahwa hubungan antara harga dengan volume penjualann pada PT Armada Safari Suci sebesar -0,468, yang mana menurut Riduwan (2003:228) termasuk kategori yang sedang. Sedangkan tanda negatif memiliki arti hubungan antara penetapan harga dan volume penjualan terbalik, artinya apabila harga yang ditetapkan naik, maka volume penjualan akan menurun, dan sebaliknya. Dari perhitungan koefisien determinasi dapat diartikan bahwa penetapan harga mempunyai pengaruh dalam meningkatkan volume penjualan yaitu sebesar 21,95% sedangkan sisanya 78,05% dipengaruhi faktor-faktor lain, seperti promosi, kualitas jasa, dan lain-lain yang tidak penulis teliti.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2292
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 42.30Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.79Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 88.86Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 42.03Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 36.90Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record