PERAN HOUSEKEEPING DALAM MENINGKATKAN TINGKAT HUNI KAMAR DI HOTEL KEDATON BANDUNG

Widyatama Repository

PERAN HOUSEKEEPING DALAM MENINGKATKAN TINGKAT HUNI KAMAR DI HOTEL KEDATON BANDUNG

Show full item record

Title: PERAN HOUSEKEEPING DALAM MENINGKATKAN TINGKAT HUNI KAMAR DI HOTEL KEDATON BANDUNG
Author: Akbar, Muhamad Nasrulloh
Abstract: ini sudah disebut-sebut sejak akhir abad ke-17. Maknanya kira-kira, “tempat penampungan buat pendatang” atau bisa juga “bangunan penyedia pondokan dan makanan untuk umum dengan komoditas andalannya berupa kamar. Isi (Housekeeping) Hasil dari PKL di hotel Kedaton jalan Suniaraja nomor 14 Bandung adalah sebagai berikut Bagian terpenting dari sebuah hotel adalah department Housekeeping, prosedural housekeeping dirumuskan dari uraian kerja/ tanggung jawab Executive Manager Housekeeping, Supervisor, House Man, Washer Attd sampai dengan Room Boy yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan, dan kenyamanan kamar (guest room), ruangan umum ruang tamu (guest morn), bar, Outlet, gang (corridor), restaurant dan banque, ruang kantor (office), guest employee toilet, dan lain-lain. Kesimpulan Kesimpulan dari peran housekeeping adalah menjaga, menata, menyiapkan dan merawat seluruh fasilitas dan perlengkapan equipment Guest dan Employee, sehingga terlihat rapih, bersih dan nyaman. Dan dalam rangka memberikan service kepada tamu dan seluruh pengguna jasa hotel dengan sebaik-baiknya, sehingga tamu merasa puas, nyaman dan memiliki rasa untuk kembali, baik sekedar berkunjung atau menginap bersama keluarga atau individu.
Description: Salah satu komoditas andalan didunia perhotelan adalah kamar. Dalam menangani manajemen operasional penjualan kamar departemen. Housekeeping merupakan departemen yang memelihara, membersihkan dan merapikan area di dalam kamar maupun di luar kamar di dalam area hotel. Keuntungan yang maksimal dalam penjualan kamar akan dapat tercapai apabila hotel mampu menjual kamar sebanyak-banyaknya dengan harga yang maksimal, sehingga dapat diperoleh keuntungan yang optimal. Untuk mencapai tingkat huni kamar yang tinggi, sebuah hotel dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi tamu mengingat tingginya persaingan antar hotel. Karyawan-karyawan yang ramah, memiliki kedisiplinan kerja yang tinggi dan selalu berusaha memuaskan para tamu serta fasilitas yang memadai diharapkan dapat menarik tamu lebih banyak untuk menginap di hotel tersebut.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2248
Date: 2010-01


Files in this item

Files Size Format View Description
M. NASRULLOH 08.06.pdf 487.5Kb PDF View/Open Full file

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record