Penggunaan Bahasa Jepang Secara Lisan dalam Pelayanan dan Pada Menu di Restoran Jepang SUSHI TEI

Widyatama Repository

Penggunaan Bahasa Jepang Secara Lisan dalam Pelayanan dan Pada Menu di Restoran Jepang SUSHI TEI

Show full item record

Title: Penggunaan Bahasa Jepang Secara Lisan dalam Pelayanan dan Pada Menu di Restoran Jepang SUSHI TEI
Author: Lestari, Sefty
Abstract: Pelaksanaan kerja praktik merupakan prasyarat kelulusan Diploma III Bahasa Jepang Universitas Widyatama Bandung. Penulis melakukan kerja praktik di Restoran Jepang SUSHI TEI yang berlokasi di Jalan Sumatra No.9 Bandung. Kerja praktik dimulai dari tanggal 1 Maret 2008 sampai dengan 31 Maret 2008, selama 8 jam/hari. Restoran Jepang SUSHI TEI merupakan restoran yang menyajikan makanan ala Jepang dan penataan ruangannya bergaya semi dinning room. Tingkat persentasi konsumen yang datang berkunjung sangat banyak diantaranya terdapat pula konsumen Jepang. Hal ini menarik minat penulis untuk menjadikan Restoran Jepang SUSHI TEI sebagai media kerja praktik berkaitan dengan bidang ilmu yang penulis pelajari. Restoran Jepang SUSHI TEI mempunyai staf yang berfungsi melakukan pekerjaannya sesuai dengan divisi masing-masing. Penulis ditugaskan dibagian waitress, yaitu melayani konsumen dan front office, yaitu menyambut konsumen, membuat daftar waiting list dan reservasi sesuai dengan prosedur kegiatan operasional restoran yang dilakukan penulis dibawah pengawasan capten restoran. Para pekerja wajib menguasai dan mengucapkan dengan benar ucapan-ucapan dalam bahasa Jepang, seperti Irasshaimase, Arigatou gozaimasu, Sumimasen, dan Onegaishimasu. Selain itu pekerja juga harus menguasai bahasa lisan dan mengucapkan dengan benar semua jenis-jenis makanan yang bahan dasarnya banyak diadopsi dari luar, terlihat bahwa penggunaan huruf pada menu sangat bervariasi, yaitu Kanji, Hiragana, dan Kata-kana. Untuk mempermudah konsumen yang tidak mengerti bahasa Jepang, disisipkan pula huruf romaji. Bahasa Jepang berperan penting dalam memasarkan dan memperkenalkan makanan Jepang dan mempermudah pekerja dalam melaksanakan kegiatan operasional, sehingga sebaiknya diperlukan pekerja yang mampu berbahasa Jepang baik lisan maupun tulisan.
Description: Restoran adalah suatu tempat atau bangunan yang diorganisasikan secara komersil serta memberikan pelayanan dengan baik kepada semua tamu, berupa makanan maupun minuman dan dikelola secara profesional. (Marsum, 2000 : 7). Restoran berasal dari bahasa Perancis yaitu restare yang berarti memulihkan kembali. Cikal bakal restoran dimulai pada abad ke-12 Sebelum Masehi oleh suatu suku di Denmark menggunakan dapur besar untuk memasak dan menyiapkan hidangan bagi sekelompok orang untuk menikmati hidangan secara bersama-sama. Kemudian pada abad ke-4 Sebelum Masehi pertama kali didirikan kabaret dan tempat ini dipakai untuk menjual minuman keras yang kemudian berkembang menjadi restoran dengan fasilitas dan pelayanan yang semakin ditingkatkan. Penyajian yang menggunakan table clothe, peralatan makan dan minum yang ditata rapi di atas meja makan serta garnis-garnis yang dipasang untuk memperindah sajian tersebut sehingga hidangan yang disajikan terlihat artistik. Dewasa ini perkembangan dunia yang semakin maju dan modern ditambah dengan perekonomian yang semakin membaik dan disertai dengan meningkatnya mobilisasi manusia yang melakukan aktifitasnya di luar rumah, mengakibatkan semakin suburnya industri jasa restoran
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2246
Date: 2008-07-22


Files in this item

Files Size Format View Description
0805009.pdf 545.3Kb PDF View/Open Full file

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record