ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN LPG 3KG (STUDI KASUS DI PT GRAFFI FERDIANI GERRITS ENERGI)

Widyatama Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN LPG 3KG (STUDI KASUS DI PT GRAFFI FERDIANI GERRITS ENERGI)

Show full item record

Title: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN LPG 3KG (STUDI KASUS DI PT GRAFFI FERDIANI GERRITS ENERGI)
Author: Iriani, Yani; Barokah, Maria
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk LPG 3kilogram di PT Graffi Ferdiani Gerrits Energi Tangerang. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 100 konsumen dan pengumpulan data menggunakan metode kuesioner serta studi kepustakaan. Metode analisis data menggunakan program SPSS versi 17 dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. PT GFGE merupakan agen LPG 3 kg dan 12 kg diwilayah Tangerang Selatan yang berlokasi di Reni Jaya Jalan Sumatera IX Blok K-2 No-8 Pondok Benda Pamulang Ciputat. Sebelum menjadi agen LPG, PT GFGE merupakan agen minyak tanah yang berdiri sejak tahun 1999 yang didirikan oleh Bapak Ferdinand Gerrits. Program konversi minyak tanah ke gas elpiji bukan hanya sekedar program penghematan energi, tetapi juga suatu kebijakan merubah perilaku. Hal ini terlihat dari sikap pro dan kontra masyarakat. Kondisi ini juga terjadi di kota Tangerang, dimana konversi minyak tanah ke gas elpiji telah dilakukan pada pertengahan tahun 2007.Adanya perbedaan penerimaan ini dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan, pendapatan, pendidikan, dan sosialisasi yang didapatkan oleh masyarakat. Masalah transformasi perilaku masyarakat ini tentu juga akan berpengaruh terhadap tingkat konsumsi masyarakat, hal ini selaras dengan prinsip pemasaran bahwa kegiatan konsumsi dipengaruhi oleh perilaku konsumen. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan Regresi Linier Berganda dapat diperoleh persamaan: Y = 1.540 + 0.201X1 + 0.106X2 + 0.222X3 + 0.145X4, dari persamaan tersebut dapat diartikan bahwa untuk setiap satu satuan skor keputusan pembelian LPG 3 kg akan dipengaruhi oleh X1 (Faktor Budaya) sebesar 0.201, X2 (Faktor Sosial) sebesar 0.106, X3 (Faktor Pribadi) sebesar 0.222, dan X4 (Faktor Psikologis) sebesar 0.145. Maka dapat disimpulkan bahwa faktor pribadi lebih mempunyai pengaruh besar terhadap keputusan pembelian LPG 3 kg, karena memiliki nilai koefisien paling tinggi. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 36,7% dan sisanya sebesar 63,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis dari perhitungan ternyata diperoleh nilai F hitung ≥ F tabel (13,750 ≥ 2,14) yang berarti terdapat hubungan positif antara perilaku konsumen dengan keputusan pembelian maka hipotesis yang diajukan bahwa perilaku konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian LPG 3 Kg dapat diterima.
Description: -
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2122
Date: 2012-12-14


Files in this item

Files Size Format View Description
KIN.CD.054.pdf 322.1Kb PDF View/Open Main article

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record