ANALISIS TERHADAP PERBEDAAN NILAI SAFETY STOCK PRODUK BERDASARKAN PERBEDAAN NILAI TINGKAT PELAYANAN (SERVICE LEVEL) PERUSAHAAN (STUDI KASUS DI PT SINAR TERANG LOGAMJAYA)

Widyatama Repository

ANALISIS TERHADAP PERBEDAAN NILAI SAFETY STOCK PRODUK BERDASARKAN PERBEDAAN NILAI TINGKAT PELAYANAN (SERVICE LEVEL) PERUSAHAAN (STUDI KASUS DI PT SINAR TERANG LOGAMJAYA)

Show full item record

Title: ANALISIS TERHADAP PERBEDAAN NILAI SAFETY STOCK PRODUK BERDASARKAN PERBEDAAN NILAI TINGKAT PELAYANAN (SERVICE LEVEL) PERUSAHAAN (STUDI KASUS DI PT SINAR TERANG LOGAMJAYA)
Author: Sanita; Rochman, Didit Damur
Abstract: Industri manufaktur seringkali mneghadapi situasi dimana permintaan dari pelanggan sangat tidak menentu. Situasi ini memberikan tekanan besar terhadap tingkat pelayanan yang dimiliki oleh perusahaan. Tingkat pelayanan menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi permintaan dari pelanggan. PT Sinar Terang Logamjaya (PT STL) merupakan perusahaan yang memproduksi suku cadang untuk PT Suzuki Indomobil Motor yang akan dipergunakan pada proses perakitan motor. Oleh karena akan langsung dipergunakan pada proses perakitan, maka jumlah dan waktu pengiriman harus mengikuti jadwal yang diberikan oleh PT Suzuki Indomobil Motor, atau perusahaan akan dikenakan denda. Dari situasi ini, PT STL harus memiliki safety stock yang cukup untuk memenuhi permintaan. Masalah yang dimiliki oleh PT STL berupa tidak pastinya metode yang dipergunakan untuk menghitung safety stock. Hingga saat ini, safety stock diperoleh dari hasil pendekatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung safety stock dan besarnya efisiensi biaya simpan yang akan diperoleh. Penelitian ini menggunakan pendekatan terhadap nilai tingkat pelayaanan yang akan menghasilkan nilai safety factor dan dipergunakan sebagai pengali terhadap nilai standar deviasi demand. Dari hasil perhitungan, PT STL mendapatkan efisiensi biaya simpan sebesar Rp 13.801.282 dengan mempergunakan tingkat pelayanan sebesar 99%. Hal ini menunjukkan bahwa PT STL menderita kerugian besar dikarenakan suatu kesalahan dalam proses penghitungan safety stock.
Description: -
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2091
Date: 2010-07-29


Files in this item

Files Size Format View Description
KIN.CD.019...pdf 522.7Kb PDF View/Open Main article

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record