ANALISIS BEBAN KERJA OPERATOR MESIN CETAK PADA SAAT MASA KAMPANYE PARTAI POLITIK (Studi Kasus : CV. MULUS RAHAYU Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS BEBAN KERJA OPERATOR MESIN CETAK PADA SAAT MASA KAMPANYE PARTAI POLITIK (Studi Kasus : CV. MULUS RAHAYU Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS BEBAN KERJA OPERATOR MESIN CETAK PADA SAAT MASA KAMPANYE PARTAI POLITIK (Studi Kasus : CV. MULUS RAHAYU Bandung)
Author: Firdaus, Oktri Mohammad
Abstract: Pemilihan Umum 2009 apabila dilihat dari beberapa aspek memiliki efek positif maupun negatif bagi beberapa pihak. Salah satu pihak yang ikut terlibat baik secara langsung maupun tidak adalah perusahaan percetakan. Perusahaan percetakan sebagai mitra partai politik dalam proses pembuatan media display dan promosi partainya khususnya yang berasal dari media kertas, mau tidak mau harus meningkatkan kapasitas produksi dan berimbas kepada peningkatan jumlah jam kerja karyawannya. Selain itu juga, dengan semakin meningkatnya jam kerja karyawan secara otomatis menambah utilitas dari mesin cetak. Paper ini khusus akan membahas pada permasalahan pengaruh dari peningkatan jumlah jam kefja karyawan terhadap tingkat produktivitas, kesehatan serta keselamatan. Penelitian dilakukan terhadap operator mesin cetak jenis Sakurai Oliver 52 dan Heidelberg GTO 52. Kedua mesin tersebut memiliki perbedaan fungsi berdasarkan ukuran kertas maksimal yang dapat masuk kedalam mesin tersebut. Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kelelahan dan juga resiko terjadinya kecelakaan kerja menjadi meningkat akibat dari peningkatan kapasitas produksi dan jam kerja karyawan. Mekanisme kerja dari operator mesin cetak yang diteliti masih memerlukan kerja otot secara manual, hal disebabkan mesin cetak yang digunakan belum sepenuhnya dapat bekerja secara otomatis serta dari segi usia, mesin cetak yang digunakan rata-rata sudah berusia 15-20 tahun. Sehingga dapat dikatakan bahwa proporsi kinerja mesin dengan operator yaitu 70% berbanding 30%. Hasil akhir penelitian ini adalah sebuah analisa terhadap beban kerja operator mesin cetak dan menghasilkan rekomendasi yang sebaiknya dilakukan oleh para pengusaha khususnya bidang percetakan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan order khususnya menghadapi momen­-momen penting seperti PEMILU maupun PILKADA.
Description: -
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2074
Date: 2009-11-17


Files in this item

Files Size Format View Description
content.pdf 4.442Mb PDF View/Open Main article

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record