EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SMART PHONE DALAM MENDUKUNG KEGIATAN BISNIS PENGUSAHA MUDA DI KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Widyatama Repository

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SMART PHONE DALAM MENDUKUNG KEGIATAN BISNIS PENGUSAHA MUDA DI KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Show full item record

Title: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SMART PHONE DALAM MENDUKUNG KEGIATAN BISNIS PENGUSAHA MUDA DI KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)
Author: Firdaus, Oktri Mohammad
Abstract: Perkembangan dunia usaha di kota Bandung khususnya yang melibatkan pengusaha dengan usia relatif muda cukup pesat saat ini. Hal yang cukup berpengaruh pada peningkatan jumlah pengusaha muda ini adalah dengan semakin banyaknya program pemberian modal usaha dari beberapa bank serta semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mempermudah siapapun untuk melakukan kegiatan usaha tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup besar hanya untuk investasi tempat dan infrastruktur lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam hal ini adalah smart phone dalam mendukung kegiatan bisnis para pengusaha muda tersebut. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan cara melakukan survey langsung kepada para pengusaha muda melalui 2 (dua) metode yaitu paper-based questionnaire dan computer-based questionnaire dengan bantuan surveymonkey.com. Penelitian ini mengadopsi model technology acceptance model (TAM) dalam upaya pengembangan model penelitiannya. Jumlah kuesioner yang disebar melalui kedua metode pengumpulan data tersebut adalah sebanyak 165 buah, sedangkan yang berhasil kembali untuk diolah sebanyak 87 buah. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan partial least squares (PLS) melalui software SmartPLS 2.0 menunjukkan bahwa variabel perceived usefulness dan community memiliki nilai t-hitung dan path coefficient yang cukup signifikan dan dapat dikatakan bahwa hipotesisnya diterima dengan menggunakan one-tailed. Kesimpulannya adalah bahwa sebagian besar pengusaha muda di kota Bandung sudah merasakan betul manfaat dari smartphone dalam mendukung aktivitas bisnisnya, dan hal yang paling penting dengan adalah bahwa smartphone juga memiliki desain yang sangat user friendly sehingga memudahkan para penggunanya. Akan tetapi masalah yang masih tetap muncul adalah koneksi internet yang masih belum merata untuk semua service provider di Indonesia.
Description: -
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2041
Date: 2013-03-28


Files in this item

Files Size Format View Description
Oktri Mohammad Firdaus (KIN.CD.060).pdf 321.3Kb PDF View/Open Main article

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record