Pengaruh Bauran Pemasaran Yang Diperluas (Extended Marketing Mix) Terhadap Keinginan Mahasiswa Untuk Merekomendasikan Kuliah Pada STIE Ekuitas Di Bandung

Widyatama Repository

Pengaruh Bauran Pemasaran Yang Diperluas (Extended Marketing Mix) Terhadap Keinginan Mahasiswa Untuk Merekomendasikan Kuliah Pada STIE Ekuitas Di Bandung

Show full item record

Title: Pengaruh Bauran Pemasaran Yang Diperluas (Extended Marketing Mix) Terhadap Keinginan Mahasiswa Untuk Merekomendasikan Kuliah Pada STIE Ekuitas Di Bandung
Author: Basuk, Teguh Iman
Abstract: ABSTRAK Penelitian ini berkaitan dengan pengukuran pengaruh bauran pemasaran yang diperluas terhadap keinginan mahasiswa untuk merekomendasikan kuliah pada STIE Ekuitas di Bandung. Beberapa hal yang mendasari penelitian ini di antaranya: semakin tingginya permintaan masyarakat akan jasa pendidikan tinggi, persaingan yang ketat di antara perguruan tinggi swasta yang ada, dan pada STIE Ekuitas khususnya, ada fenomena penurunan jumlah mahasiswa periode 2006/2007. Teori pemasaran yang digunakan adalah mengenai konsep bauran pemasaran jasa (Zeithaml, et.al, 2006), teori perilaku konsumen (Schiffman & Kanuk, 2007), serta beberapa rujukan hasil studi empiris sebelumnya. Desain penelitian adalah penelitian menurut tingkat eksplanasi (level of explanation) dengan metode deskriptif dan asosiatif. Data berasal dari tanggapan 325 orang responden atas pelaksanaan bauran pemasaran jasa dan keinginan mahasiswa untuk merekomendasikan kuliah pada STIE Ekuitas. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Bauran Pemasaran Jasa yang Diperluas (Extended Marketing Mix), yang terdiri dari orang (X1), bukti fisik (X2) dan proses (X3), sedangkan variabel dependennya adalah Keinginan Merekomendasikan untuk Kuliah (Y). Hipotesis yang diajukan adalah: “Secara parsial dan simultan, bauran pemasaran yang diperluas, yang terdiri dari faktor orang (people), bukti fisik (physical evidence), dan proses (process) berpengaruh terhadap keinginan mahasiswa untuk merekomendasikan kuliah pada STIE Ekuitas”. Statistik uji hipotesis yaitu analisis jalur. Hasil analisis deskriptif menunjukkan, bahwa bauran pemasaran yang diperluas pada STIE Ekuitas sudah dilaksanakan dengan baik. Sebagian besar mahasiswa juga memiliki keinginan untuk merekomendasikan kuliah pada STIE Ekuitas. Pengujian hipotesis menghasilkan persamaan struktural sebagai berikut: Y = 0.30*X1 + 0.54*X2 + 0.017*X3 + Errorvar.= 0.53, R² = 0.47. Koefisien jalur yang ditemukan menunjukkan bahwa masing-masing sub variabel independen berpengaruh positif dengan keinginan mahasiswa untuk merekomendasikan kuliah pada STIE Ekuitas. Masing-masing koefisien yang ditemukan tersebut signifikan pada dk=n-2, tingkat signifikansi 0.05 untuk uji dua sisi (two-tails test). Besarnya pengaruh total masing-masing sub variabel yaitu: orang (people) sebesar 13,03%, bukti fisik (physical evidence) sebesar 33,45%, dan proses (process) memiliki kontribusi yang sangat kecil atau tidak berarti yaitu sebesar 0,58%. Secara simultan, masing-masing sub variabel bauran pemasaran yang diperluas tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keinginan mahasiswa untuk merekomendasikan kuliah pada STIE Ekuitas, yaitu dengan kontribusi sebesar 47%, dan sisa variasi sebesar 53% dijelaskan oleh faktor-faktor yang tidak diteliti. Rekomendasi bagi manajemen STIE Ekuitas adalah untuk meningkatkan faktor bukti fisik secara prioritas dengan peningkatan fasilitas-fasilitas belajar yang ada. Bagi peneliti lain hendaknya dapat menguji beberapa faktor lain terkait keinginan mahasiswa untuk merekomendasikan kuliah, yakni dengan menguji secara lengkap 7P yang ada dalam bauran pemasaran jasa pendidikan.
Description: ABSTRACT This research is related to the measurement of the influence of the extended marketing mix to the willingness to recommend a student studying in STIE Ekuitas in Bandung. Several things which are constituted this research among others: its excelsior of the demand of the college service, the strong competition among the private sector college which are existed, and at STIE Ekuitas specially, there is a phenomenon about the decreasing number of the student on period 2006/2007. The marketing theories the used the service marketing concept (Zeithaml, et.al, 2006), the consumer behavioral theory (Schiffman & Kanuk, 2007), and also some reference result of the empirical study previously. The research design is the level of explanation research, and the method is used are descriptive and associative studies. The data used is perception of 325 university students on the activities of extended marketing mix, and their willingness to recommend a student studying in STIE Ekuitas. The independent variable used is extended marketing mix which are consist of people (X1), physical evidence (X2) and process (X3). While the dependent variable is the willingness to recommend a student studying (Y). The hypothesis submitted is: “the extended marketing mix, partially and simultaneously, has influence toward the willingness to recommend a student studying in STIE Ekuitas”. To test this submitted hypothesis is used path analysis model. The result of descriptively analysis shows that the extended marketing mix on STIE Ekuitas have been conducted better. Most students also have the willingness to recommend a student studying in STIE Ekuitas. The hypothetical test found the structural equation as follows: Y = 0.30*X1 + 0.54*X2 + 0.017*X3 + Errorvar. = 0.53, R² = 0.47. The path coefficient is found indicate that each independent variable has the positive effect significantly toward the willingness to recommend a student studying on STIE Ekuitas. Each the path coefficient is significantly at DF=n-2, and =0.05 for two tails test. The total effects of each sub variables as follows: people factor is equal to 13.03%, physical evidence factor is equal to 33.45% and process factor has very meaningless or small contribution that is equal to 0.58%. By simultaneously, each sub variables of the extended marketing mix has the positive effect to the willingness to recommend a student studying in STIE Ekuitas, with totalize effect is equal to 47%, so that 53% explained by other factors which are not researched. Recommendation to the management of STIE Ekuitas is to improve physical evidence as factor priority. To other researcher shall earn to test some related other factor of desire of the student to recommend following a lecture, namely by including peculiarly the satisfaction and loyalty variables
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1736
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View Description
content2a.pdf 14.23Mb PDF View/Open content 2a
content1.pdf 15.59Mb PDF View/Open content 1
content2b.pdf 12.13Mb PDF View/Open content 2b
content4.pdf 9.134Mb PDF View/Open content 4
content3a.pdf 14.88Mb PDF View/Open content 3a
content3b.pdf 17.17Mb PDF View/Open content 3b

This item appears in the following Collection(s)

  • Management [132]
    Koleksi Digital Tesis Program MM

Show full item record