STRATEGI PELAKSANAAN BELAJAR E-LEARNING UNTUK MENCAPAI HASIL PENDIDIKAN BERBASIS OUTCOME-BASED EDUCATION (EDO)

Abstract
Penggunaan E-Learning dalam dunia pendidikan semakin berperan, khususnya di perguruan tinggi. Inovasi dan optimalisasi sangat dilakukan guna mencapai pembelajaran yang efektif dan efisien. Pembelajaran menggunakan E-Learning berbasis outcome-based education (OBE) membutuhkan strategi implementasi yang baik sehingga mudah dipahami, meningkatkan daya kritis mahasiswa dan mandiri. Penelitian ini mengembangkan strategi implementasi E-Learning berbasis OBE yang diterapkan pada mata kuliah di perguruan tinggi. Dua kelas dijadikan sampel penelitian dimana dalam proses pembelajaran telah mengacu pada OBE namun berbeda dalam segi strategi. Kelas A melaksanakan pembelajaran dengan aturan pertemuan yang normal sebanyak 16 kali pertemuan, berdiskusi, melaksanakan ujian dan mendapatkan hasil pembelajaran. Sedangkan kelas B, diberikan kebebasan dalam penggalian referensi dalam menemukan penyelesaian kasus yang diberikan dosen dalam pembelajaran tanpa harus secara teratur melaksanakan jumlah pertemuan yang tetapkan. Pengambilan data-data tiap aktivitas kelas dan hasil pembelajaran dilakukan untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil dan analisa capaian pembelajaran dengan strategi ini dievaluasi. Pembelajaran E-Learning berbasis OBE dengan strategi pada kelas B menunjukkan capaian pembelajaran yang lebih baik dibandingan kelas A. ini membuktikan bahwa penerapan pertemuan yang lebih fleksibel dan efektif didukung kebabasan dalam mencari referensi secara mandiri dapat meningkatkan capaian pembelajaran lebih baik dibandingkan dengan kelas dengan pemberian materi secara terjadwal oleh dosen.
Description
Keywords
Strategi Implementasi E-Learning, Outcome-Based Education (OBE), Capaian Pembelajaran, E-Learning Implementation Strategy, Learning Achievement
Citation