STRATEGI PELAKSANAAN BELAJAR E-LEARNING UNTUK MENCAPAI HASIL PENDIDIKAN BERBASIS OUTCOME-BASED EDUCATION (EDO)
Loading...
Date
2021
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Sistem Informasi S1 Fakultas Teknik
Abstract
Penggunaan E-Learning dalam dunia pendidikan semakin berperan, khususnya di
perguruan tinggi. Inovasi dan optimalisasi sangat dilakukan guna mencapai
pembelajaran yang efektif dan efisien. Pembelajaran menggunakan E-Learning
berbasis outcome-based education (OBE) membutuhkan strategi implementasi
yang baik sehingga mudah dipahami, meningkatkan daya kritis mahasiswa dan
mandiri. Penelitian ini mengembangkan strategi implementasi E-Learning berbasis
OBE yang diterapkan pada mata kuliah di perguruan tinggi. Dua kelas dijadikan
sampel penelitian dimana dalam proses pembelajaran telah mengacu pada OBE
namun berbeda dalam segi strategi. Kelas A melaksanakan pembelajaran dengan
aturan pertemuan yang normal sebanyak 16 kali pertemuan, berdiskusi,
melaksanakan ujian dan mendapatkan hasil pembelajaran. Sedangkan kelas B,
diberikan kebebasan dalam penggalian referensi dalam menemukan penyelesaian
kasus yang diberikan dosen dalam pembelajaran tanpa harus secara teratur
melaksanakan jumlah pertemuan yang tetapkan. Pengambilan data-data tiap
aktivitas kelas dan hasil pembelajaran dilakukan untuk mengumpulkan data
penelitian. Hasil dan analisa capaian pembelajaran dengan strategi ini dievaluasi.
Pembelajaran E-Learning berbasis OBE dengan strategi pada kelas B menunjukkan
capaian pembelajaran yang lebih baik dibandingan kelas A. ini membuktikan
bahwa penerapan pertemuan yang lebih fleksibel dan efektif didukung kebabasan
dalam mencari referensi secara mandiri dapat meningkatkan capaian pembelajaran
lebih baik dibandingkan dengan kelas dengan pemberian materi secara terjadwal
oleh dosen.
Description
Keywords
Strategi Implementasi E-Learning, Outcome-Based Education (OBE), Capaian Pembelajaran, E-Learning Implementation Strategy, Learning Achievement