PENGARUH IKLAN TERHADAP KESADARAN KONSUMEN (Kasus Pada Iklan Telepon Seluler XL di Televisi)

Widyatama Repository

PENGARUH IKLAN TERHADAP KESADARAN KONSUMEN (Kasus Pada Iklan Telepon Seluler XL di Televisi)

Show full item record

Title: PENGARUH IKLAN TERHADAP KESADARAN KONSUMEN (Kasus Pada Iklan Telepon Seluler XL di Televisi)
Author: Syailendra, A. Noor
Abstract: Penelitian ini mengkaji Pengaruh Iklan Terhadap Kesadaran Konsumen yang bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran kinerja komunikasi pemasaran melalui iklan televisi dilaksanakan provider XL dari informasi iklan dalam perhatian konsumen, persuasif iklan dalam ketertarikan konsumen, dan iklan sebagai pengingat dalam hasrat konsumen, (2) Gambaran sikap pemirsa iklan televisi provider XL dalam kesadaran konsumen, dan (3) Seberapa besar kontribusi komunikasi pemasaran melalui iklan televisi (informasi iklan, persuasif iklan, dan iklan sebagai pengingat) terhadap kesadaran konsumen. Metode Penelitian yang digunakan deskriptif dan verifikatif, dengan unit analisis pelanggan dan calon pelanggan XL di Kota Bandung. Analisis deskriptif menggunakan Means and Standard Deviation dengan skala Likert, uji reabilitas dengan Cronbach’s alpha coefficient, dan uji hipotesis menggunakan pengujian hubungan dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Informasi iklan provider XL tidak memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesadaran konsumen, serta hanya mampu meningkatkan niat pembelian sebesar 4,66%, (2) Persuasif iklan provider XL memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesadaran konsumen, serta mampu meningkatkan niat pembelian sebesar 38,05%, dan (3) Iklan sebagai pengingat pada provider XL tidak memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesadaran konsumen, serta hanya mampu meningkatkan niat pembelian sebesar 14,68%. Implikasi penelitian diharapkan bahwa dalam iklan televisi provider XL, (1) Perlu mengedepankan segi pengembangan produk yang diminati konsumen, untuk menggugah konsumen melakukan tindakan pembelian, sehingga peningkatan biaya iklan televisi mampu meningkatkan penjualan, (2) Perlu menampilkan tayangan yang menggugah kesadaran di dalam kreasi merek, (3) Isi pesan dalam meningkatkan pengaruh maksud perlu dievaluasi dan dikembangkan, (4) Perlu lebih ditonjolkan fasilitas pembelian yang dimiliki oleh provider XL, dalam penayangan iklan televisi.
Description: Penelitian ini mengkaji Pengaruh Iklan Terhadap Kesadaran Konsumen yang bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran kinerja komunikasi pemasaran melalui iklan televisi dilaksanakan provider XL dari informasi iklan dalam perhatian konsumen, persuasif iklan dalam ketertarikan konsumen, dan iklan sebagai pengingat dalam hasrat konsumen, (2) Gambaran sikap pemirsa iklan televisi provider XL dalam kesadaran konsumen, dan (3) Seberapa besar kontribusi komunikasi pemasaran melalui iklan televisi (informasi iklan, persuasif iklan, dan iklan sebagai pengingat) terhadap kesadaran konsumen. Metode Penelitian yang digunakan deskriptif dan verifikatif, dengan unit analisis pelanggan dan calon pelanggan XL di Kota Bandung. Analisis deskriptif menggunakan Means and Standard Deviation dengan skala Likert, uji reabilitas dengan Cronbach’s alpha coefficient, dan uji hipotesis menggunakan pengujian hubungan dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Informasi iklan provider XL tidak memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesadaran konsumen, serta hanya mampu meningkatkan niat pembelian sebesar 4,66%, (2) Persuasif iklan provider XL memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesadaran konsumen, serta mampu meningkatkan niat pembelian sebesar 38,05%, dan (3) Iklan sebagai pengingat pada provider XL tidak memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesadaran konsumen, serta hanya mampu meningkatkan niat pembelian sebesar 14,68%. Implikasi penelitian diharapkan bahwa dalam iklan televisi provider XL, (1) Perlu mengedepankan segi pengembangan produk yang diminati konsumen, untuk menggugah konsumen melakukan tindakan pembelian, sehingga peningkatan biaya iklan televisi mampu meningkatkan penjualan, (2) Perlu menampilkan tayangan yang menggugah kesadaran di dalam kreasi merek, (3) Isi pesan dalam meningkatkan pengaruh maksud perlu dievaluasi dan dikembangkan, (4) Perlu lebih ditonjolkan fasilitas pembelian yang dimiliki oleh provider XL, dalam penayangan iklan televisi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1475
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 61.39Kb PDF View/Open
Abstrac.pdf 64.31Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 64.46Kb PDF View/Open
KATA PENGANTAR.pdf 61.89Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 78.04Kb PDF View/Open
BAB II.pdf 355.6Kb PDF View/Open
BAB III.pdf 122.8Kb PDF View/Open
BAB IV.pdf 427.2Kb PDF View/Open
Bab V.pdf 64.11Kb PDF View/Open
Pustaka.pdf 18.84Kb PDF View/Open
kuesioner.pdf 100.5Kb PDF View/Open
L A M P I R A N.pdf 58.10Kb PDF View/Open
Lampiran 2.pdf 100.8Kb PDF View/Open
Lampiran 3.pdf 93.59Kb PDF View/Open
DAFTAR ISI-1.pdf 56.84Kb PDF View/Open
DAFTAR TABEL.pdf 57.47Kb PDF View/Open
DAFTAR GAMBAR.pdf 53.78Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

  • Management [108]
    Koleksi Digital Tesis Program MM

Show full item record