Pengaruh Efektivitas Internal Kontrol Klien Terhadap Kinerja Akuntan Publik (Survei pada Kantor Akuntan Publik di Bandung)

Widyatama Repository

Pengaruh Efektivitas Internal Kontrol Klien Terhadap Kinerja Akuntan Publik (Survei pada Kantor Akuntan Publik di Bandung)

Show full item record

Title: Pengaruh Efektivitas Internal Kontrol Klien Terhadap Kinerja Akuntan Publik (Survei pada Kantor Akuntan Publik di Bandung)
Author: Ihsan, Rahmat
Abstract: Perkembangan perusahaan yang semakin meningkat, menuntut perusahaan untuk membuat suatu internal control yang efektif demi tercapainya tujuan perusahaan. Akuntan Publik sebagai badan yang dipercaya untuk memberikan penilaian yang independen dan kredibel terhadap laporan keuangan apakah telah disajikan dengan benar sesuai dengan standar yang berlaku umum. Karena masalah pemahaman mengenai internal control merupakan salah satu unsur dari standar profesional akuntan publik, dimana tingkat pemahaman auditor tentang internal control harus diperoleh untuk merencanakan audit dan menentukan sifat, saat dan lingkup audit dalam melakukan proses audit. Berdasarkan hal-hal tersebut, penulis ingin meneliti “Pengaruh Efektivitas Internal Control Klien Terhadap Kinerja Akuntan Publik”. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari internal control terhadap kinerja akuntan publik dan mengukur pengaruhnya. Mamfaat yang sekiranya dapat diperoleh dari penelitan ini bagi akuntan publik yaitu sebagai bahan masukan dalam melakukan proses pengauditan dan pembagian tugas. Objek penelitiannya adalah pengaruh internal control klien terhadap kinerja akuntan publik di seluruh kantor akuntan publik yang masih aktif di Bandung dan terdaftar sebagai anggota Ikatan Akuntan Publik Indonesia. Berdasarkan teori, indikator internal control yaitu : lingkungan pengendalian, penilaian resiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, dan pengawasan sedangkan indikator kinerja yaitu : kualitas kerja, kuantitas kerja, pengetahuan mengenai pekerjaan, pendapat atau pernyataan yang disimpulkan, dan perencanaan kerja. Metodologi yang digunakan adalah asosiatif yaitu mengetahui pengaruh dengan cara mengumpulkan data-data yang dapat menggambarkan keadaan objek yang penulis teliti. Bentuk penelitian yang dilakukan berupa survei pada kantor akuntan publik di Bandung. Teknik pendekatan yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dengan membagikan kuesioner serta melakukan wawancara sebagai data primer, yang dilakukan pada maret 2010 sampai dengan juni 2010, dan data riset kepustakaan sebagai landasan untuk mendapatkan data sekunder. Pengujian validitas dilakukan dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment ( XY r ), pengujian realibilitas menggunakan rumus Spearman Brown (dengan teknik belah dua ( i r ), dan pengujian hipotesis menggunakan rumus Korelasi Product Moment dengan uji t. Dari hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa efektivitas internal control klien dapat mempengaruhi kinerja dari akuntan publik dan merupakan salah satu faktor yang cukup dominan dalam mempengaruhi kinerja dari akuntan publik.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1454
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View Description
Bab1-2.pdf 19.05Mb PDF View/Open Bab I - II
Bab3-5.pdf 16.00Mb PDF View/Open Bab III - V
Cover.pdf 4.089Mb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record