Hubungan Auditor Internal Bersertifikat Qualified Internal Auditor Dengan Kualitas Laporan Audit Internal (Studi Survei pada PT. Pos Indonesia (Persero) yang berlokasi di Kota Bandung)

Widyatama Repository

Hubungan Auditor Internal Bersertifikat Qualified Internal Auditor Dengan Kualitas Laporan Audit Internal (Studi Survei pada PT. Pos Indonesia (Persero) yang berlokasi di Kota Bandung)

Show full item record

Title: Hubungan Auditor Internal Bersertifikat Qualified Internal Auditor Dengan Kualitas Laporan Audit Internal (Studi Survei pada PT. Pos Indonesia (Persero) yang berlokasi di Kota Bandung)
Author: Prasditia, Handika
Abstract: Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan auditor internal bersertifikasi Qualified Internal Auditor dengan kualitas laporan hasil penugasan audit internal berdasarkan persepsi auditee di Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero). Sertifikasi Qualified Internal Auditor adalah sertifikasi dalam bidang audit internal yang merupakan simbol kompentensi, kemampuan dan profesionalisme dari individu yang menyandang sertifikat tersebut. Dalam memperoleh sertifikasi tersebut tidak sedikit waktu dan biaya yang dikeluarkan. Di mata manajemen, laporan hasil penugasan audit internal yang berkualitas merupakan satu-satunya imbalan yang diperoleh dari dana tersebut. Di mana laporan hasil penugasan audit internal yang berkualitas adalah laporan yang memenuhi standar kualitas laporan hasil penugasan audit internal. Data-data yang diperlukan diperoleh dari lokasi penelitian dengan melakukan wawancara, penyebaran kuesioner, serta berbagai literatur yang relevan dengan masalah penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan teori asosiatif (kausal), dimana data-data dan informasi yang diperoleh selama penelitian akan diolah, diproses dan dianalisis dengan menggunakan teknik pengujian koefisien koreasi Rank Spearman dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil dari pengolahan data menunjukkan bahwa auditor internal bersertifikasi QIA pada PT. Pos Indonesia mempunyai pengaruh yang baik terhadap keahlian dan profesionalisme auditor internal dalam menjalankan tugasnya, hal ini terlihat dari total skor untuk variabel X yaitu auditor internal bersertifikasi QIA sebesar 83,20% berada di antara 70% dan 86% yang berarti termasuk pada kriteria baik. Sedangkan total skor untuk variabel Y adalah 85,60% berada di antara 70% dan 86% yang berarti auditor internal bersertifikasi QIA dapat mempengaruhi kualitas laporan hasil audit di PT. Pos Indonesia. Dari pengujian hipotesis yang dilakukan maka diperoleh rs sebesar 0,874 yang berarti kedua variabel memiliki hubungan yang sangat kuat, lalu berdasarkan perhitungan uji t didapat hasil berupa thitung > ttabel (5,0864 > 2,306), berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis nol (Ho) ditolak dengan taraf signifikansi = 5%. Maka hipotesis yang didapat adalah auditor internal bersertifikasi qualified internal auditor memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas laporan audit internal dengan taraf signifikansi = 5%, serta kd sebesar 76,40% yang menunjukan bahwa auditor internal bersertifikasi qualified internal auditor mempunyai pengaruh yang signifikan sebesar 76,40% terhadap kualitas laporan audit internal, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis tetapi mempunyai pengaruh.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1440
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View Description
Bab1-2.pdf 12.88Mb PDF View/Open Bab I - II
Bab3-5.pdf 18.48Mb PDF View/Open Bab III - V
Cover.pdf 880.1Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record