Pengaruh Modernisasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tanjung Priok)

Widyatama Repository

Pengaruh Modernisasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tanjung Priok)

Show full item record

Title: Pengaruh Modernisasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tanjung Priok)
Author: Pribadi, Wulanningsih Arum
Abstract: Penerapan Modernisasi Administrasi Perpajakan merupakan salah satu agenda utama dalam Blue Print Kebijakan Direktorat Jenderal Pajak Tahun 2001- 2010. Sejalan dengan hal tersebut, dibentuklah Kantor Wilayah (Kanwil) dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama yang secara khusus menangani administrasi perpajakan wajib pajak berdasarkan wilayah dan kedudukan wajib pajak dalam suatu Kantor Pelayanan Pajak Pratama. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh antara Modernisasi Administrasi Perpajakan yang meliputi modernisasi struktur organisasi, modernisasi proses bisnis, modernisasi sumber daya manusia, dan modernisasi good governance terhadap kepatuhan wajib pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tanjung Priok. Pengujian hipotesis dilakukan pada 100 responden wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tanjung Priok. Metode yang digunakan untuk menguji pengaruh secara signifikan antara subvariabel Modernisasi Administrasi Perpajakan (modernisasi struktur organisasi, modernisasi proses bisnis, modernisasi sumber daya manusia, dan modernisasi good governance) terhadap kepatuhan wajib pajak (aspek yuridis dan aspek psikologis) adalah regresi linear berganda (multiple linear regression). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, subvariabel modernisasi good governance yang paling berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepatuhan wajib pajak. Kemudian diikuti modernisasi struktur organisasi, sumber daya manusia, dan yang terakhir proses bisnis. Keempat subvariabel Modernisasi Administrasi Perpajakan juga memiliki variabilitas sebesar (53,8%) terhadap kepatuhan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tanjung Priok.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1437
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View Description
Bab1-2.pdf 13.17Mb PDF View/Open Bab1-2
Bab3-5.pdf 18.55Mb PDF View/Open Bab3-5
Cover.pdf 3.248Mb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record