Hubungan Pengendalian Biaya Kualitas Industri Pengolahan Tbs Kelapa Sawit Terhadap Efisiensi Dari Efektivitas Hasil Produksi CPO. ( studi kasus PT. Mitra Austral Sejahtera di Kabupaten Sanggau – Kalimantan Barat)

Widyatama Repository

Hubungan Pengendalian Biaya Kualitas Industri Pengolahan Tbs Kelapa Sawit Terhadap Efisiensi Dari Efektivitas Hasil Produksi CPO. ( studi kasus PT. Mitra Austral Sejahtera di Kabupaten Sanggau – Kalimantan Barat)

Show full item record

Title: Hubungan Pengendalian Biaya Kualitas Industri Pengolahan Tbs Kelapa Sawit Terhadap Efisiensi Dari Efektivitas Hasil Produksi CPO. ( studi kasus PT. Mitra Austral Sejahtera di Kabupaten Sanggau – Kalimantan Barat)
Author: Nugroho, Setiadi
Abstract: Perkembangan dunia industri dan bisnis pada umumnya, akhir – akhir ini tertuju kepada kebijakan bagaimana suatu produk yang dihasilkan dapat senantiasa memuaskan pelanggannya. Perusahaan seakan berlomba – lomba menguasai pasar, meningkatkan profit dengan kepuasan konsumen sebagai alat perantaranya. Berbicara mengenai kepuasan tentu akan sangat erat kaitannya dengan kualitas. Sementara kualitas itu sendiri dapat diukur baik secara kuantitatif maupun non kuantitatif. Mengukur kualitas secara kuantitatif memunculkan istilah biaya kualitas. Biaya kualitas dapat diartikan sebagai sejumlah dana yang dikorbankan untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Mitra Austral Sejahtera Kalimantan Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sampai seberapa besar kontribusi pengaruh dari pengalokasian biaya kualitas yang terdiri dari biaya kualitas yang terdiri dari biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan eksternal dan biaya kegagalan internal sebagai indikator kinerja kualitas perusahaan terhadap efisiensi dari efektifitas hasil produksi CPO. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan dengan menggunakan metode assosiatif. Sementara untuk menganalisis data, dilakukan pendekatan kuantitatif, yaitu teknik statstik inferensi untuk menguji hipotesis dengan teknik analisis regresi berganda sebagai alat bantu perhitungannya. Nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengendalian biaya kualitas industry pengolahan TBS kelapa sawit memberikan pengaruh sebesar 14,9% terhadap efisiensi dari efektivitas hasil produksi CPO, sedangkan sisanya sebesar 85,1% efisiensi dari efektivitas hasil produksi CPO dapat diterangkan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti oleh penulis. Hasil pegujian hipotesis ini menunjukkan bahwa pengendalian biaya kualitas industry pengolahan TBS kelapa sawit baik secara simultan maupun secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efisiensi dari efektivitas hasil produksi CPO. Hal ini didasarkan pada adanya hubungan yang rendah antara pengendalian biaya kualitas industry pengolahan TBS kelapa sawit dan efisiensi dari efektivitas hasil produksi CPO.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1435
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View Description
over.pdf 67.56Kb PDF View/Open cover
ABSTRAK.pdf 70.73Kb PDF View/Open abstrak

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record