Hubungan Pengendalian Bahan Baku Dengan Metode Economical Order Quantity Terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan (Studi Kasus Pada CV. Batik Gunung Jati Cirebon )

Widyatama Repository

Hubungan Pengendalian Bahan Baku Dengan Metode Economical Order Quantity Terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan (Studi Kasus Pada CV. Batik Gunung Jati Cirebon )

Show full item record

Title: Hubungan Pengendalian Bahan Baku Dengan Metode Economical Order Quantity Terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan (Studi Kasus Pada CV. Batik Gunung Jati Cirebon )
Author: Noviyanti, Silvia
Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pengendalian bahan baku yang dilakukan CV. Batik Gunung Jati Cirebon selama kurun waktu 4 tahun yaitu dari tahun 2005-2008. Dalam penelitian ini penulis memberikan usulan alternatif dalam pengendalian bahan baku dengan menggunakan metode kuantitas pesanan ekonomis (EOQ). Dengan metode ini maka akan dianalisa selanjutnya apakah metode ini memberikan keuntungan dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan. Untuk itu penulis tertarik menuangkan penelitian ini dalam judul : “Hubungan Pengendalian Bahan Baku dengan Metode Economical Order Quantity Terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan” (Studi kasus pada CV Batik Gunung Jati Cirebon) Peningkatan laba kotor akan berdampak pada meningkatnya margin laba kotor sebagai indikasi profitabilitas yang diperoleh perusahaan karena adanya penghematan total biaya persediaan ini akan berdampak pada turunnya nilai harga pokok penjualan. Dengan adanya penurunan harga pokok produksi selain laba kotor perusahaan akan meningkat, salah satu dampak positif yang dapat diambil perusahaan dalam menghadapi persaingan usaha adalah dengan menurunkan harga jual batik tanpa harus mengurangi laba yang ingin dicapai. Dalam menyusun skripsi ini, Penulis menggunakan metode deskriptif dan verikatif. Metode deskriptif digunakan untuk mengetahui dan memberikan penjelasan tentang hubungan pengendalian bahan baku dengan metode EOQ dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan, sedangkan metode verikatif digunakan untuk mengetahui bagaimana hubungan pengendalian bahan baku dengan metode EOQ dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi pengendalian bahan baku dengan menggunakan metode EOQ dengan tingkat profitabilitas perusahaan sebesar 0,72, hal ini menunjukkan terdapat korelasi yang sangat kuat antara pengendalian bahan baku dengan metode EOQ dengan tingkat profitabilitas perusahaan. Sedangkan dari hasil uji t yang dilakukan, didapatkan hasil t hitung 1,481 lebih kecil dari t tabel 2,92 sehingga Ho diterima yang artinya pengendalian bahan baku dengan menggunakan metode EOQ tidak mempunyai korelasi yang tinggi terhadap tingkat profitabilitas perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1428
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View Description
bab1-2.pdf 9.866Mb PDF View/Open Bab I - II
Bab3-5.pdf 9.867Mb PDF View/Open Bab III - V
Cover.pdf 3.337Mb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record