Peranan Audit Internal Dalam Pencegahan Kecurangan (Fraud) (Studi Kasus pada PT.PLN Persero Distribusi Jawa Barat dan Banten)

Widyatama Repository

Peranan Audit Internal Dalam Pencegahan Kecurangan (Fraud) (Studi Kasus pada PT.PLN Persero Distribusi Jawa Barat dan Banten)

Show full item record

Title: Peranan Audit Internal Dalam Pencegahan Kecurangan (Fraud) (Studi Kasus pada PT.PLN Persero Distribusi Jawa Barat dan Banten)
Author: Wardhini, Meta
Abstract: Persyaratan yang wajib dipenuhi sebagai tugas akhir mahasiswa untuk menyelesaikan studinya pada jenjang strata satu (S-1) di Universitas Widyatama adalah menyusun sebuah skripsi, dimana dalam hal ini penulis mengambul judul : “Peranan Audit Internal Dalam Pencegahan Kecurangan (Fraud)”. Skripsi ini disusun berdasarkan hasil penelitian langsung di PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten yang terletak di Jl. Cikapundung Barat No. 2 Bandung. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan, yaitu mulai bulan Maret hingga Bulan Mei 2010. sedangkan objek yang yang diteliti adalah peran Audit Internal untuk mencegah terjadinya kecurangan (fraud) di bagian Audit Internal. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi data yang mendukung dalam penelitian baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Audit Internal dalam mencegah kecurangan (fraud). Data yang diperlukan diperoleh melaui wawancara, penyebaran kuesioner, dan berbagai literatur yang relevan dengan masalah penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus, dimana data dan informasi yang diperoleh selama penelitian akan diolah, diproses, dan dianalisis dengan menggunakan teoriteori yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh oleh penulis sebagai berikut: 1. Hasil total jawaban responden pada Tabel 4.5 menunjukkan hasil dari 10 responden adalah 1539. hasil tersebut berada pada nilai 1258-1554, yaitu termasuk pada kriteria memadai. Dengan demikian jelaslah bahwa adanya peranan Audit Internal dalam pencegahan kecurangan. 2. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan metode Pearson menunjukkan bahwa koefesien korelasi (r) adalah 0,85. dengan taraf nyata (α) sebesar 5%, maka criteria hipotesis adalah tolah HO jika t < -2,306 atau t > 2,306. setelah hasil perhitungan didapatkan maka hasil pengujian terhadap korelasi (t) adalah 4,54. dari hasil tersebut maka dapat diketahui bahwa HO ditolak. Dan dapat disimpulkan bahwa adanya peran Audit Internal dalam pencegahan kecurangan (fraud).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1425
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View Description
bab1-2.pdf 18.53Mb PDF View/Open Bab I - II
bab3-5.pdf 14.19Mb PDF View/Open Bab III - V
Cover.pdf 647.4Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record