Pengaruh Efektivitas Keandalan Sistem Pengendalian Intern Kas Terhadap Kewajaran Penyajian Laporan Arus Kas ( Studi kasus pada PT. Agronesia )

Widyatama Repository

Pengaruh Efektivitas Keandalan Sistem Pengendalian Intern Kas Terhadap Kewajaran Penyajian Laporan Arus Kas ( Studi kasus pada PT. Agronesia )

Show full item record

Title: Pengaruh Efektivitas Keandalan Sistem Pengendalian Intern Kas Terhadap Kewajaran Penyajian Laporan Arus Kas ( Studi kasus pada PT. Agronesia )
Author: Erianawati, Erin
Abstract: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan efektivitas keandalan sistem pengendalian intern kas, kewajaran penyajian laporan arus kas dan untuk mengetahui pengaruh efektivitas keandalan sistem pengendalian intern kas terhadap kewajaran penyajian laporan arus kas pada PT. Agronesia. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan penelitian lapangan, wawancara, penelitian dokumentasi, kuesioner serta penelitian kepustakaan. Hasil penelitian yang penulis peroleh yaitu pelaksanaan sistem pengendalian intern kas atas penyajian laporan arus kas pada PT. Agronesia, telah memadai. Efektivitas keandalan sistem pengendalian intern kas berpengaruh terhadap kewajaran penyajian laporan arus kas, ini dapat dilihat dari tujuan dari sistem pengendalian intern kas, yaitu adanya pemisahan tugas, semua transaksi kas diotorisasi dan dicatat dengan tepat, meyakinkan adanya uang kas yang cukup, mencegah hilangnya uang kas akibat kecurangan, serta tidak terdapat permasalahan yang cukup materil atau signifikan didalam penyajian laporan arus kas, rs = 0,8356 menunjukkan pengaruh yang erat, thitung = 4,3 menunjukkan H0 ditolak berarti efektivitas keandalan sistem pengendalian intern kas mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kewajaran penyajian laporan arus kas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern kas sudah berfungsi dengan baik dan tujuan-tujuan dari sistem pengendalian intern kas telah tercapai dengan kategori tinggi sekali. Adanya hubungan yang cukup erat antara sistem pengendalian intern kas terhadap kewajaran penyajian laporan arus kas. Ini berarti efektivitas pengendalian intern kas mempengaruhi laporan arus kas untuk disajikan secara wajar berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) dan Kebijakan Akuntansi Perusahaan. Laporan secara wajar berdasarkan PSAK untuk laporan arus kas adalah melaporkan arus kas selama periode tertentu yang diklasifikasikan berdasarkan aktivitas operasi, investasi dan pendanaan pengklasifikasian ini telah dilaksanakan oleh PT. Agronesia. Menandakan dalam laporan arus kas telah mengikuti aturan dalam PSAK dan Kebijakan Akuntansi Perusahaan. Signifikan dan positif artinya ada pengaruh antara Variabel X dan Variabel Y peningkatan efektivitas keandalan sistem pengendalian intern kas akan menyebabkan peningkatan kewajaran penyajian laporan arus kas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1424
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View Description
bab1-2.pdf 20.30Mb PDF View/Open bab1-2
bab3.pdf 11.42Mb PDF View/Open bab3
bab4-5.pdf 14.37Mb PDF View/Open bab4-5
Cover.pdf 4.925Mb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record