Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Survey pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Widyatama Repository

Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Survey pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Show full item record

Title: Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Survey pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Author: Safitri, Shinta
Abstract: Keberadaan perusahaan dianggap mampu menyediakan kebutuhan masyarakat berupa barang serta jasa dan diharapkan perusahaan dapat menjadi penyedia lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Perusahaan di dalam lingkungan masyarakat memiliki sebuah legitimasi untuk bergerak leluasa melaksanakan kegiatannya, namun lama kelamaan karena posisi perusahaan menjadi amat vital dalam kehidupan masyarakat maka dampak yang ditimbulkan juga akan menjadi sangat besar. Akibat dari kegiatan operasi perusahaan ini akan berpengaruh pada timbulnya dampak sosial. Dampak sosial tersebut bisa positif ataupun negatif. Tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) menjadi salah satu cara untuk mengurangi dampak negatif tersebut, karena CSR merupakan sebuah bentuk kepedulian dan tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan yang terkena ataupun yang tidak terkena dampak langsung dari kegiatan operasi perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari tingkat company size, size of board of commissioners, dan institutional ownership terhadap tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Data yang digunakan diperoleh dari laporan tahunan (annual report) dan Indonesian Capital Market Directory periode 2009. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan one time cross sectional study dan metode analisis regresi berganda. Unit analisis untuk penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampking, dengan sampel penelitian berjumlah 30 perusahaan. Penulis melakukan analisis data deskriptif serta perhitungan dengan menggunakan metode statistik analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, koefisien korelasi. Dari hasil pengujian dengan Uji F dengan tingkat signifikansi 5%, menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara company size, size of board of commissioners, dan institutional ownership terhadap tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Untuk hasil pengujian hipotesis secara parsial, company size dan institutional ownership tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Dan untuk size of board of commissioners mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1422
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View Description
bab1.pdf 7.661Mb PDF View/Open bab1
bab 2.pdf 20.63Mb PDF View/Open bab2
bab3-5.pdf 19.27Mb PDF View/Open bab3-5
Cover.pdf 4.765Mb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record