Peranan Anggaran Biaya Promosi Sebagai Alat Pengendalian Manajemen DalamMeningkatkan Penjualan (Studi kasus pada Hotel Royal Corner Bandung)

Widyatama Repository

Peranan Anggaran Biaya Promosi Sebagai Alat Pengendalian Manajemen DalamMeningkatkan Penjualan (Studi kasus pada Hotel Royal Corner Bandung)

Show full item record

Title: Peranan Anggaran Biaya Promosi Sebagai Alat Pengendalian Manajemen DalamMeningkatkan Penjualan (Studi kasus pada Hotel Royal Corner Bandung)
Author: Irianti, Apriani Ika
Abstract: Dengan semakin berkembangnya dunia usaha yang sangat cepat dan dimasa sekarang ini, banyak terjadi persaingan yang ketat diantara perusahaan yang sejenis. Untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya, perusahaan harus dapat mengelola seluruh kegiatan perusahaan semaksimal mungkin untuk memperoleh hasil yang maksimal. Dalam penelitian ini, dilakukan penelitian mengenai peranan anggaran pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan, yaitu Hotel Royal Corner dengan membahas bagaimana anggaran biaya promosi sebagai alat bantu pengendalian manajemen yang memadai dilakukan dan bagaimana untuk meningkatkan penjualan. Setelah diketahui bagaimana penerapan kedua hal tersebut, maka dapat diteliti bagaimana peranan anggaran biaya promosi sebagai alat pengendalian manajemen dalam meningkatkan penjualan. Langkah pertama yang dilakukan dalam penerapan anggaran adalah menetapkan besarnya biaya yang dianggarkan, lalu dilakukan pengukuran atas pelaksanaan yang sesungguhnya dan langsung dibandingkan dengan anggaran untuk mengetahui besarnya penyimpangan yang terjadi. Setelah dilakukan perhitungan selisih agar diketahui apa yang menjadi penyebab terjadinya penyimpangan tersebut sehingga dapat dilakukan perbaikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan menguraikan terlebih dahulu kondisi objek penelitian atau perusahaan yang diteliti berdasarkan fakta dan data yang ada untuk menguji hipotesis yang ada dengan menggunakan analisi regresi dengan tingkat signifikansi sebesar α = 0,05. pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai thitung = 2,31 yang berati lebih besar dari ttabel = 2,16. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh Hotel Royal Corner telah melaksanakan anggaran biaya promosi dengan memadai. Hubungan antara anggaran biaya promosi sebagai alat peningkatan penjualan yaitu 0,540 sedangkan peran atau kontribusi anggaran biaya promosi terhadap peningkatan penjualan sebesar 29,2% sisanya sebesar 70,8%. dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa anggaran biaya promosi pada Hotel Royal Corner cukup berperan dalam peningkatan penjualan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1417
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View Description
bab1-2.pdf 20.68Mb PDF View/Open bab1-2
bab3-5.pdf 16.99Mb PDF View/Open bab3-5
Cover.pdf 586.2Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record