Pengaruh Penerapan Biaya Pemeliharaan Aktiva Tetap Terhadap Peningkatan Laba Operasi ( Studi kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum Karawang)

Widyatama Repository

Pengaruh Penerapan Biaya Pemeliharaan Aktiva Tetap Terhadap Peningkatan Laba Operasi ( Studi kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum Karawang)

Show full item record

Title: Pengaruh Penerapan Biaya Pemeliharaan Aktiva Tetap Terhadap Peningkatan Laba Operasi ( Studi kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum Karawang)
Author: Sari, Angerini Juanita
Abstract: Suatu perusahaan agar dapat mempertahankan aktifitas operasi dan manajemen yang baik, maka harus terus melakukan perbaikan dari periode ke periode. Perbaikan itu diantaranya adalah mutu produk, inovasi, ketepatan waktu saat produksi, dan memangkas biaya yang tidak perlu terjadi. Perolehan laba sangat ditentukan oleh pendapatan yang diperoleh, dan biaya yang harus dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan tersebut. Pengeluaran biaya itu diantaranya adalah biaya pemeliharaan aktiva tetap yang diharapkan dapat meningkatkan laba operasi perusahaan. Berdasarkan hal itu, maka penulis menganalisis penelitian dengan judul “Pengaruh Penerapan Biaya Pemeliharaan Aktiva Tetap terhadap Peningkatan Laba Operasi Di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Karawang”. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan biaya pemeliharan aktiva tetap, (2) untuk mengetahui tingkat laba operasi, selain itu juga (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan biaya pemeliharan aktiva tetap terhadap peningkatan laba operasi. Objek penelitian dilakukan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Karawang, dimana data yang digunakan adalah laporan rugi/laba dan penjelasan pos-pos neraca dari tahun 2005-2008. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh fenomena yang terselidiki pada suatu objek tertentu. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian maka penerapan biaya pemeliharaan aktiva tetap pada PDAM Karawang sudah baik, dimana telah melibatkan peran serta seluruh bagian yang terkait. Tingkat laba operasi pada PDAM Karawang mengalami penurunan, hal ini disebabkan perusahaan mengalami kerugian. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara biaya pemeliharaan aktiva tetap dan laba operasi, penulis melakukan uji Hipotesis. Koefisien korelasi yang menunjukkan hubungan antara biaya pemeliharaan aktiva tetap (X) dengan laba operasi (Y) adalah sebesar 0,569 yang menunjukan adanya hubungan. Diperoleh juga perhitungan koefisien determinasi sebesar 32,3761% yang berarti laba operasi dipengaruhi oleh biaya pemeliharaan aktiva tetap sebesar 32,3761% dan sisanya sebesar 67,6239% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil pengujian, hipotesis yang penulis ajukan ternyata diterima, dan dari koefisien korelasi pearson diperoleh hasil korelasi negatif antara biaya pemeliharaan aktiva tetap terhadap laba operasi. Hal tersebut berarti terdapat hubungan yang sangat kuat antara biaya pemeliharaan aktiva tetap dan laba operasi, yang berarti apabila biaya pemeliharaan aktiva tetap naik maka laba operasi akan mengalami penurunan. Demikian pula sebaliknya bila biaya pemeliharaan aktiva tetap turun maka dapat meningkatkan laba operasi, artinya terdapat pengaruh antara biaya pemeliharaan aktiva tetap terhadap peningkatan laba operasi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1416
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View Description
bab1-2.pdf 17.07Mb PDF View/Open bab1-2
bab3-5.pdf 15.60Mb PDF View/Open bab3-5
Cover.pdf 3.913Mb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record