Peranan Anggaran Penjualan Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Penjualan Pada PT. Rianda Usaha Mandiri Pekanbaru (Studi kasus pada PT. Rianda Usaha Mandiri Pekanbaru)

Widyatama Repository

Peranan Anggaran Penjualan Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Penjualan Pada PT. Rianda Usaha Mandiri Pekanbaru (Studi kasus pada PT. Rianda Usaha Mandiri Pekanbaru)

Show full item record

Title: Peranan Anggaran Penjualan Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Penjualan Pada PT. Rianda Usaha Mandiri Pekanbaru (Studi kasus pada PT. Rianda Usaha Mandiri Pekanbaru)
Author: Firdaus, Aini Susanti
Abstract: Secara umum, tujuan utama dari perusahaan adalah untuk mencari laba yang optimal dengan biaya yang efisien. Agar laba yang optimal tersebut dapat tercapai, maka perusahaan harus memaksimalkan pendapatannya dengan cara meningkatkan volume penjualan dengan biaya yang seefisien mungkin. Penjualan itu penting bagi perusahaan sebagai sumber investasi dan perluasan usahanya. Untuk itu maka perusahaan perlu untuk menentukan alat yang tepat agar penjualan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Atas dasar itulah maka digunakan anggaran penjualan sebagai perencanaan dan pengendalian untuk meningkatkan pendapatannya. Anggaran merupakan alat bantu manajemen untuk mengendalikan kegiatan yang sedang berjalan . Judul yang diambil dalam skripsi ini adalah “PERANAN ANGGARAN PENJUALAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PENJUALAN”. Tujuan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penyusunan anggaran penjualan pada perusahaan, untuk mengetahui efetkivitas pengendalian penjualan pada perusahaan dan untuk mengetahui peranan anggaran penjualan dalam menunjang efektivitas pengendalian penjualan pada perusahaan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penelitian lapangan diperoleh melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Adapun penelitian kepustakaan diperoleh melalui mempelajari literatur-literatur serta catatan yang diperoleh di bangku kuliah maupun mass media lainnya yang berhubungan dengan penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penyusunan anggaran penjualan pada PT. Rianda Usaha Mandiri telah memadai. Hal ini ditunjukan dengan telah terpenuhinya syarat-syarat anggaran dengan baik, terlaksananya prosedur penyusunan anggaran dengan baik, dan karakteristik anggaran telah terpenuhi dimana diperoleh hasil sebesar 92,5%. Adapun pengendalian penjualan yang dilakukan PT. Rianda Usaha Mandiri telah efektif. Hal ini ditunjukan dengan adanya pencapaian realisasi penjualan dari target yang telah dianggarkan dan proses pengendalian penjualan telah memadai serta tercapainya tujuan perusahaan dimana diperoleh hasil sebesar 86,6%. Untuk peranan anggaran penjualan terhadap efektivitas pengendalian penjualan diperoleh hasil 90,5%. Yang dapat disimpulkan bahwa anggaran penjualan pada PT. Rianda Usaha Mandiri berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian penjualan. Penulis menyarankan sebaiknya perusahaan membuat beberapa alternatif tindakan koreksi yang berfariasi dan sebaiknya dibuat prosedur formal untuk menindaklanjuti penyimpangan dapat dilakukan secara jelas dan konsisten.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1415
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View Description
bab1-2.pdf 15.05Mb PDF View/Open bab1-2
bab3-5.pdf 18.21Mb PDF View/Open bab3-5

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record