Penerapan Sistem Pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah (Spkpd) Dalam Menunjang Kinerja Pengelolaan Keuangan (Studi Kasus pada Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat)

Widyatama Repository

Penerapan Sistem Pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah (Spkpd) Dalam Menunjang Kinerja Pengelolaan Keuangan (Studi Kasus pada Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat)

Show full item record

Title: Penerapan Sistem Pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah (Spkpd) Dalam Menunjang Kinerja Pengelolaan Keuangan (Studi Kasus pada Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat)
Author: Oktaviana, Ami
Abstract: Penerapan Sistem Pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah merupakan hal baru dibidang pelaksanaan keuangan pemerintah daerah serta masih belum sepenuhnya diterapkan di Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat yang menjadi lokasi penelitian sebagai pengganti Pedoman Sistem dan Prosedur Pengelolaan Keuangan Daerah. Untuk itu penulis tertarik untuk menuangkan judul pada penelitian ini yaitu berjudul “Penerapan Sistem Pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah (SPKPD) Dalam Menunjang Kinerja Pengelolaan Keuangan (Studi kasus pada Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat)”. Maksud dan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan Sistem Pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah dalam Menunjang Kinerja Pengelolaan Keuangan, dengan menganalisa sistem pengelolaan keuangan dan kinerja pengelolaan keuangan pada Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analitik, dengan pendekatan studi kasus. Penelitian deskriptif adalah suatu metode yang bertujuan menggambarkan secara sistematik dan akurat, fakta dan karakteristik mengenai populasi atau mengenai bidang tertentu, penelitian ini berusaha menggambarkan situasi atau kejadian. Data yang dikumpulkan semata-mata bersifat deskriptif sehingga tidak bermaksud mencari penjelasan, menguji hipotesis, membuat prediksi, maupun mempelajari implikasi. Berdasarkan perhitungan yang membahas derajat penerapan sistem pengelolaan keuangan pemerintah daerah dalam menunjang kinerja pengelolaan keuangan di Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, diperoleh nilai koefisien korelasi rank spearman (rs) sebesar 0,876; nilai koefisien ini berada pada interval 0,800-1,000, ini menunjukkan diantara variabel penelitian terdapat hubungan positif yang sangat kuat. Koefisien determinasi sebesar 76,8% yang artinya bahwa sistem pengelolaan keuangan mempunyai pengaruh sebesar 76,8% terhadap kinerja pengelolaan keuangan pada Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, sedangkan sisanya yaitu sebesar 23,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan, diperoleh hasil thitung ttabel ; (8,72 1,714), berdasarkan kriteria uji maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti penerapan sistem pengelolaan keuangan mempunyai hubungan yang signifikan dengan kinerja pengelolaan keuangan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1407
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View Description
bab1.pdf 5.992Mb PDF View/Open bab1
bab2.pdf 13.45Mb PDF View/Open bab2
bab3-5.pdf 24.75Mb PDF View/Open bab3-5
Cover.pdf 4.121Mb PDF View/Open Cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record